Bursa Transfer Liga 1, Persebaya Surabaya Resmikan Konate, Persib Bandung Perkenalkan Teja Paku Alam

Persebaya Surabaya dan Persib Bandung melakukan kejutan hari ini dengan mengumumkan bergabungnya pemain yang berlabel bintang. Mulai dari Makan Konate yang akhirnya berseragam Bajol Ijo usai hengkang dari Arema FC. Sedangkan Persib Bandung resmi memperkenalkan Teja Paku Alam sebagai kiper baru mereka usai sang pemain dilepas Semen Padang FC.

Makan Konate dipastikan gabung Persebaya Surabaya usai kontraknya dengan Arema FC tidak menemui kepastian. Sempat santer dikabarkan bergabung dengan Persebaya Surabaya, disebutkan oleh halaman , Makan Konate 90 persen akan berseragam Bajol Ijo musim depan. Hal ini sekaligus membenarkan isu bergabungnya gelandang asal Mali tersebut ke Persebaya Surabaya.

Gelandang asal Mali itu kian mendekat bergabung ke PersebayaSurabaya pada kompetisi musim ini. Informasi kuat (A1) yang diperoleh memastikan, MakanKonate dipastikan berseragam ke tim rival Arema FC, Persebaya pada Liga 1 2020. Makan Konate yang menyumbangkan 16 gol dan 11 assist bagi Arema FC di Liga 1 2019 lalu, kata sumber Surya.co.id dijadwalkan baru tiba dan gabung Persebaya pada pekan kedua Januari 2020.

"Dia (Makan Konate) sudah hampir dipastikan ke Persebaya setelah dari Arema. Sudah deal (ke Persebaya) dan tinggal menunggu kedatangannya saja," sebut sumber Surya.co.id yang meminta identitasnya tak dipublikasikan, Sabtu (4/1/2020). Persebaya bergerak cepat dalam perburuan pemainbaru setelah kompetisi Liga 1 2019 berakhir pada 22 Desember silam. Makan Konate direkomendasikan pelatih Aji Santoso ke manajamen Persebaya untuk direkrut lantaran sesuai kebutuhan tim Bajul Ijo.

Manajemen pun, kata sumber itu, langsung gerilya dan memburu MakanKonate. Apalagi proses proses negosiasi perpanjangan kontrak di Arema FC berjalan alot dan tak ada titik temu. "Sebenarnya banyak yang meminati dia (Makan Konate), tapi Persebaya bergerak cepat dan sangat serius. Akhirnya memutuskan ke Persebaya," ucap sumber tersbut.

Rencananya MakanKonate bakal dikontrak Persebaya dalam durasi satu musim kompetisi Liga 1 2020. Saat ini MakanKonate masih pulang ke negara asalnya, Mali untuk menjalani liburan. Kiprah MakanKonate di ranah sepak bola Indonesia terbilang cukup moncer.

Sebelum bergabung di Arema FC dan menjadi pemain tersubur dengan 16 gol, Konate tercatat pernah bergabung di Sriwijaya FC, Persib Bandung, Barito Putera dan PSPS Pekanbaru. Atas penampilan ciamik tersebut, MakanKonate menjadi rebutan tim tim kontestan Liga 1. Dia diminati Persib Bandung, Bhayangkara FC dan Bali United. Namun Persib melalui pelatihnya Robert Rene Alberts menuturkan, sejatinya dirinya dan manajemen menginginkan agar Konate kembali ke Persib.

Hanya saja, keinginan tersebut gagal lantaran Konate bergabung ke klub lain. Arema FC dikabarkan akan kehilangan salah satu pemain pilarnya di bursa transfer musim ini. Tak tanggung tanggung, tim yang berjuluk Singo Edan itu akan kehilangan Makan Konate yang telah menjadi roh permainan tim musim 2019.

Teja Paku Alam akhirnya resmi gabung Persib Bandung. Hal ini terkonfirmasi lewat perkenalan di laman Youtube resmi klub, Kamis (16/1/2020). Sebelumnya Rumor tersebut berhembus usai timnya, Semen Padang, terdegradasi musim ini. Dengan cideranya Deden Natshir, praktis, Persib Bandung hanya punya Made Wirawan di bawah mistar gawang.

Persib Bandung, juga membutuhkan sosok Teja untuk mengawal gawang Pangeran biru. Pasalnya, dengan semakin tuanya Made Wirawan dan performa inkonsisten Natshir, Teja, yang musim lalu menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak, sangat dibutuhkan Persib Bandung. 96 penyelamatan musim lalu, adalah bukti bertapa vitalnya Teja Paku Alam bagi Semen Padang, meskipun harus terdegradasi musim ini.

Bisa jadi, Teja Paku Alam, langsung menjadi pilihan utama untuk menjadi kiper utama, menyingkirkan Made Wirawan dan Deden Natshir. Apabila Teja Paku Alam bergabung bersama Persib Bandung, maka bisa dikatakan, nyaris menemukan celah di lini belakang Maung Bandung. Apalagi dengan bergabungnya Victor Igbonefo ke Pangeran Biru musim depan, Persib berarti memiliki empat pemain belakang tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *