Daftar Tim Liga 1 yang Menambah Masa Libur Akibat Pandemi Corona: Persija, Madura United hingga PSM

Beberapa tim Liga 1 2020 memutuskan untuk menambah masa libur skuadnya karena penyebar virus coronaatau Covid 19 di Indonesia semakin meluas. Seperti diketahui Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan, virus corona yang tengah merebak saat ini dikategorikan sebagai pandemi global. Virus yang bermula dari China tersebut kini telah merambah ke berbagai bidang tak terkecuali olahraga di berbagai dunia terutama kompetisi Liga 1 2020.

Imbas dari mewabahnya virus corona membuatPSSI selaku Induk Sepak Bola Indonesia telah membuat keputusan untuk menangguhkan semua pertandingan di kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Pertandingan Liga 1 dan Liga 2 pada Minggu(15/3/2020) merupakan yang terakhir kali sebelum aktivitas sepak bola di Indonesia dihentikan sementara terkait maraknya persebaran virus vorona. Keputusan ini dikonfirmasi langsung olehMochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI.

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Iriawan dilansir dari laman PSSI. Terlepas dari hal itu, kontestan Liga 1 menyikapi waktu libur kompetisi ini dengan cara yang berbeda beda, seperti Arema FC, Persib Bandung danPersebaya Surabayaditengah pandemi virus corona. Manajemen Persija Jakarta mengambil keputusan untuk memperpanjang agenda libur seluruh tim.

Hal ini selaras dengan edaran pemerintah dan seruan Gubernur DKI Jakarta untuk menghentikan segala kegiatan perkantoran, pariwisata, dan segala bentuk keramaian dalam rangka pencegahan penyebaran pandemi corona (COVID 19). Menanggapi hal tersebut manajemen tim yang berjuluk Macan Kemayoran ini mengambil sikap untuk menambah waktu libur para pemain maupun official. Sedianya skuad Macan Kemayoran akan berkumpul padaSenin (23/3/2020), namun menilik pada himbauan tersebut kegiatan pun batal terlaksana.

Selanjutnya waktu libur Persija Jakarta diperpanjang hingga (31/3/2020), atau sampai waktu yang diumumkan lebih lanjut. Keputusan ini dikonfirmasi langsung oleh Bambang Pamungkas selakuManajer Tim Macan Kemayoran. Mantan penggawal Macan Kemayoran yang identik dengan nomor punggung 20 ini menyatakan bahwa memperpanjang libur latihan merupakan kebijakan terbaik.

Hal ini sebagai bentuk dukungan Macan Kemayoran terhadap himbauan pemerintah. “Manajemen secara resmi memperpanjang waktu libur tim." "Kesehatan seluruh pemain dan ofisial adalah prioritas utama kami." ujar Bambang Pamungkas seperti yang dilansir dari laman resmi klub Persija Jakarta .

Penyerang yang akrab disapa Bepe ini menekankan meski libur seluruh pemain tetap diminta untuk menjaga kondisi kebugaran dengan olah raga. Serta menjaga pola makandan berharap kondisi sulit ini cepat berakhir, dan kompetisi dapat segera berputar kembali. “Selama ini para pemain telah berolahraga secara mandiri dan menjaga pola makan, mereka semua sangat profesional."

"Kami semua berharap agar kondisi ini cepat berakhir, dan kompetisi dapat segera berputar kembali,” tutup Bepe. Dampak dari penyebaran virus Covid 19 atau Corona yang semakin hari semakin mengkhawatirkan membuat manajemen Madura United mengambil tindakan dengan meliburkan tim. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi agar pemain Madura United tak terpapar virus yang penularannya sangat cepat tersebut.

Namun para pemain meskipun libur diminta untuk melakukan latihan secara mandiri di rumah masing masing guna menjaga kebugaran fisik mereka. Keputusan ini dikonfirmasi langsung oleh Zianul Haq selaku Direktur PT. PMB yang mempertimbangkanstatis gawat darurat Corona yang diumumkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. "Kami memperhatikan perkembangan dalam penyebaran Covid 19, kemarin kami mendapatkan informasi jika Jawa Timur ditingkatkan menjadi darurat Covid 19," kata Ziaul dilansir dari laman resmi .

"Keselamatan semua pihak jadi pertimbangan utama, itulah keputusan yang harus kita jalani untuk sementara dengan cara libur dan latihan sememtara dilaksanakan di rumah masing masing," imbuhnya. Untuk sementara waktu Greg Nwokolo dkk akan berdiam diri di rumah masing masing dan melakukan aktivitas latihan secara mandiri. Kondisi yang sedang terjadi saat ini membuat tim yang berjuluk Laskar Sappe Kerrab belum bisamemberi kepastiankapan tim akan kembali aktif menggelar latihan.

PSM sudah dua kali memperpanjang masa liburannya yang sebenarnya berakhir dan kembali berlatih pada 20 Maret lalu yang akhirnya ditunda ke 22 Maret. Namun kini akhirinya PSM resmi menambah waktu libur mereka hingga 25 Maret mendatang. Hal ini disampaikan melalui Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim yang menyatakan penambahan masa libur ini karena virus Corona.

"Ini (penambahan libur) adalah imbas (penyebaran) Corona. Melihat situasi dan perkembangan di Makassar, maka diputuskan memperpanjang libur," kata Sulaiman dilansir , Sabtu (21/3/2020). Namun meski menambah masa libur, Sulaiman berharap para pemain menjaga kondisi dan tetap berlatih di rumah masing masing. Hal ini dikarenakan untuk menjaga kondisi para pemain agar tetap bugar dan fit ketika berlatih bersama lagi.

"Pemain diminta untuk menjaga kondisi tubuh, diimbau tetap berlatih sendiri sendiri, dan yang paling penting adalah meminalisir hal hal yang bisa menyebabkan terpapar virus corona," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *