Esteban Vizcarra Gunakan Nomor 10 di Persib Bandung, Ini Alasannya

Berkat dua golnya, Esteban Vizcarra, menjadi bintang kemenangan Persib Bandung dalam laga uji coba kontra Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Selasa (11/2). Pemain naturalisasi itu menjebol gawang M Riyandi di menit 65 dan 66. Persib Bandung menang 2 1 karena Aleksandar Rakic memperkecil kedudukan. Vizcarra mencetak gol pertama melalui sepakan kaki kiri. Dia memanfaatkan umpan panjang Dedi Kusnandar yang lepas dari penguasaan Geoffrey Castillion.

Gol kedua terjadi karena memanfaatkan umpan tak sengaja Wander Luiz setelah menekan Riyandi yang mencoba menguasai bola. Vizcarra senang dengan dua gol itu. Baginya, itu merupakan hasil kerja keras semua pemain. "Saya senang karena di TC saya fokus untuk maksimal dan hari ini bisa cetak dua gol," ujar Vizcarra setelah pertandingan.

Dalam laga uji coba pertama Persib Bandung menghadapi tim sesama Liga 1 itu Vizcarra masuk barisan starter. Dia ditempatkan di sayap kiri. Untuk lini depan, Castillion berduet dengan Luiz Vizcarra senang bisa bekerja sama dengan keduanya. Namun, masih membutuhkan waktu untuk bisa lebih kompak dalam pertandingan.

"Masih adaptasi. Kami masih latihan setiap hari. Mudah‑mudahan saat kompetisi lancar," katanya. Esteban Vizcarra akan memakai nomor punggung berbeda pada musim keduanya bersama Persib Bandung. Dia akan menanggalkan nomor sembilan dan beralih ke nomor 10 yang tanpa pemilik karena Ezechiel N'Douassel pergi.

Selanjutnya, Wander Luiz yang akan mengenakan nomor punggung sembilan. "Sudah pasti pakai nomor 10 karena dia (Luiz) minta nomor 9. Karena nomor 11 sudah ada (yang pakai), jadi saya pakai nomor 10. Pakai nomor 10 di tim besar akan jadi tantangan bagi saya," ucapnya. Geoffrey Castillion dan Wander Luiz akhirnya resmi berseragam Persib Bandung usai sangat memuaskan di laga uji coba.

Setelah mendapatkan kontrak, kedua pemain langsung memilih nomor punggung. Geoffrey Castillion memilih nomor 20 sementara Wander Luiz nomor keramat, 9. Geoffrey Castillion sebenarnya sudah sejak belum resmi dikontrak menginginkan nomor punggung 20.

Setelah dikontrak, dia mendapatkan nomor punggung idamannya itu. Castillion diikat Persib Bandung dengan durasi kontrak 1+1 (1 tahun+opsi perpanjangan 1 tahun). . Melakoni musim perdananya di Indonesia, bahkan di Asia, pemain yang akan mengenakan nomor punggung 20 ini mengusung banyak misi.

Atmosfer luar biasa dari bobotoh membuat dirinya bergairah menatap musim 2020. "Sebelumnya saya tidak terlalu tahu soal sepak bola Asia. Tapi, sekarang saya tahu jika Bandung begitu luar biasa," kata Castillion. "Akhirnya kami sepakat. Saya tentunya sangat bahagia karena bermain untuk tim besar di Indonesia," ungkapnya. “Kami sudah bicara dengan coach (Robert Alberts) dan dia ingin menawarkan saya kontrak tapi saya belum tahu kapan saya akan tanda tangani itu,” kata Geoffrey. Lebih lanjut pemain asal Belanda itu akan membicarakan beberapa ketentuan dalam kontrak untuk disepakati bersama sama.

Dirinya sudah menyatakan ketertarikannya untuk berkarir di Liga Indonesia. “Saya akan teken kontrak tapi saya belum tahu kapan. Kami harus lebih dulu bicara soal ketentuannya. Jadi itu akan baik baik saja,” lanjutnya. Selain itu, pemain yang musim lalu bermain di Liga Islandia tersebut, mengaku buta dengan kekuatan sepak bola Indonesia.

“Sejujurnya saya tidak tahu banyak sepakbola Indonesia, saya datang ke sini dengan panggilan buta (dihubungi orang tidak dikenal) dan pertama saya banyak mencari informasi (tentang Persib dan Indonesia),” ungkap pemain berusia 28 tahun itu. Sejah ini, Persib Bandung memiliki 24 pemain yang resmi akan berseragam Maung Bandung. Terbaru, Wander Luiz dan Geoffrey Castillion yang tengah menjalani trial dikabarkan akan segera dipermanenkan oleh kubu Maung Bandung.

Nama pertama, Wander Luiz bahkan sudah menjalani trial bersama Persib Bandung sejak turnamen Asia Challenge Cup 2020 di Malaysia. Walaupun belum mampu mencetak gol, Robert Rene Alberts selaku pelatih cukup yakin dengan kualitas yang dimiliki oleh sang pemain. Robert menganggap kehadiran Wander sangat penting dalam permainan timnya saat menghadapi Melaka United.

Wander adalah pemain Brasil yang kenyang pengalaman di V League atau Liga Utama Vietnam. Penyerang asal Brasil ini akan menggunakan nomor punggung 9 di Persib Bandung. Beberapa tim yang pernah diperkuatnya adalahBecamex Binh Duong, Long An, Can Tho, hingga Quang Nam.

Lama di Vietnam, Wander Luiz tidak mengalami kesulitan untuk berdaptasi dengan suhu dan lingkungan di Indonesia. Ia langsung dapatmenyesuaikan diri dengan suasana kota Bandung. Melakoni musim perdananya,Wander mengaku siap memberikan yang terbaik untuk skuat Maung Bandung. Meski baru pertama kali bermain di Indonesia, hal tersebut tidak akan dijadikannya alasan untuk tampil mengecewakan. "Saya bermain untuk tim besar dan fans yang besar juga di Indonesia. Saya harus membalas kecintaan fans dengan prestasi tinggi. Siap untuk pekerjaan besar bersama Persib Bandung," tegas Wander.

Meski tidak menjebol gawang lawan, Wander aktif melakukan pergerakan. Perannya sebagai second striker cukup efektif. Pergerakan yang ia lakukan bisa berpotensi mengganggu konsenstrasi lawan.

Menurut Robert, Wander bisa berkolaborasi dengan baik bersama Castillion. Sebab, keduanya sudah bisa mengerti satu sama lain sehingga tidak terlihat adanya miss position. "Saya pikir sangat bagus penempatan posisi satu sama lain. Mereka tidak pernah lari ke arah yang sama, mereka saling mengerti," kata Robert.

"Luiz juga hampir saja mencetak gol di menit menit awal. Dia terlihat lebih aktif dalam bergerak ketimbang Geoffrey," sambung dia. Oleh karena itu, Robert menyebut bahwa kans Wander untuk bergabung bersama Persib cukup besar. Hal senada juga diungkapkan oleh Robert Rene Alberts yang mengindikasikan akan segera mempermanenkan status Geoffrey Castillion.

Performa gemilang eks Ajax Amsterdam tersebut mampu membawa Maung Bandung menumbangkan Melaka United dalam laga ujicoba, Sabtu (1/2/2020). Geoffrey Castillion mampu mencetak brace dalam kemenangan Persib Bandung atas Melaka United dengan skor akhir 3 1. Apresiasi pun diberikan Robert kepada Castillion. Meski baru tiga hari bergabung, pemain 28 tahun itu sudah bisa menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang tangguh dan haus gol.

"Dia (Castillion) menunjukan permainan yang sangat baik dan menunjukan kualitasnya, dia menunjukan kelasnya dan memperlihatkan kedewasaan dalam permainan," kata Robert, memuji Castillion. Menurut Robert, Castillion adalah penyerang dengan kemampuan komplet. Ia juga menilai sang pemain cukup pandai dalam memanfaatkan celah ruang pertahanan tim lawan.

Fisik Castillion pun juga dinilainya cukup kuat, sulit dijatuhkan, dan punya kemampuan dribble yang mumpuni. "Dia punya teknik dan kebijakan mengambil positioning yang bagus. Dia juga menunjukan karakternya sebagai penyerang berkualitas," ujar Robert.

"Jadi sangat membanggakan bisa melihat performa dia. Itu yang membuat dia bisa mencetak dua gol bagus hari ini," tutur dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *