Gila! kisah Perjuangan Dewa Budjana Latihan buat Konser Online Baim Wong Geleng-geleng Kepala

Musisi Dewa Budjana menceritakan perjuangan latihan demi menggelar konser kolaborasi onlie bersama Indra Lesmana. Seperti diketahui, mereka menggelar konser kolaborasi di program Mostly Jazz Live Online pada Kamis (30/4/2020). Konser kolaborasi online ini merupakan sejarah baru di Indonesia, banyak musisi ternama yang hadir menonton, seperti Dira Sugandi, Endah dari Endah & Rhesa, Eross Chandra, Tohpati, dan Saykoji.

Rencananya, program tersebut akan terus berjalan selama empat pekan. Sebagian hasil penjualan tiket ini akan didonasikan kepada korban pandemi covid 19, seperti kru musik. Adanya acara tersebut membuat selebriti Baim Wong penasaran dengan persiapan yang dilakukan Dewa Budjana.

Dilansir dari kanal YouTube Baim Paula pada Minggu (3/5/2020), Baim Wong berkunjung ke rumah musisi tersebut untuk mengetahui proses berjalannya konser online. "Sekarang kita sudah di rumah Mas Dewa, beliau bentar lagi live (konser)," ujar Baim Wong. "Ini real time live. Sekarang banyak yang buat tetapi dikirim dari rumah," jelas Dewa Budjana.

"Akhirnya kita bisa lihat, legend ini," kata Baim Wong. Seraya berbincang, Baim Wong diajak berkeliling ke ruang kerja Dewa Budjana untuk melihat persiapan konser online. Suami Paula Verhoeven itu tampak berdecak kagum melihat koleksi gitar Dewa Budjana.

Lebih lanjut, Baim Wong kembali mengulik mengenai konser online Dewa Budjana. "Jadi ini pertama kalinya gelar konser online berbayar?" tanya Baim Wong. "Ada yang sudah buat tetapi mereka kebanyakkan direkam. Ini kita bener bener live," beber Dewa Budjana.

Meski menggelar konser online, Dewa Budjana menceritakan kekhawatirannya terkait keterlambatan pengantaran pada jaringan komunikasi data dan suara (latency). Selain itu, Dewa Budjana mengaku terdapat perbedaan latihan antara manggung secara online dan sebaliknya. Terdapat beberapa kebiasaan yang dilakukan di panggung tak dapat dilakukan ketika konser online karena keterbatasan yang ada.

Dengan berbagai tantangan tersebut, Dewa Budjana menilai waktu latihan menjadi cukup lama karena harus memperbaiki teknis audio. "Latihannya lama banget, sampai tiga minggu. Kita bertiga melakukannya dari Bali sama Jakarta. Ada juga tim operatenya di Taman Anggrek," aku Dewa Budjana. "Gila loh bro!" jawab Baim Wong.

Dewa Budjana mengaku, latihan untuk konser online itu sangat ribet. "Kita latihan dari beberapa minggu lalu. Yuk hitung tepuk tangan, 1..2…3, terus Indra Lesmana juga begitu. Kita hitung minisecond, terus telat, ya dicari lagi," beber Dewa Budjana. Dewa menyatakan, saat konser online audio lebih diutamakan terlebih dahulu daripada gambar.

"Kami fokus untuk menyamakan audionya dulu, tantangan gap ketika latihan jarak jauh rasanya beda banget," papar Dewa Budjana. Medengar perjuangan Dewa Budjana itu, Baim Wong sampai geleng geleng kepala. "Ih gila!" celetuk Baim Wong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *