Jokowi : Bendung Kamijoro Dukung Ketahanan Pangan Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Bendung Kamijoro, Kulon Progo, dapat mendukung ketahanan pangan Provinsi DIY Yogyakarta. "Bendung ini yang dibangun dialiran sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan," ujar Jokowi usai meresmikan dan tinjau Bendung Kamijoro, Yogyakarta, Selasa (31/12/2019). "Ini memberikan kepastian, memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," sambung Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Bendung Kamijoro memberikan manfaat irigasi seluas 2.370 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bantul dan meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadj 270 persen. "Bendung ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku, baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan juga nantinya bisa sampai ke Kota Yogyakarta," papar Jokowi. Selain bermanfaat untuk ketahanan pangan, kata Jokowi, Bendung Kamijoro juga berfungsi sebagai tempat wisata yang dapat menggerakan ekonomi masyarakat sekitar.

"Saya berharap masyarakay dapat memanfaatkan Bendung Kamijoro ini dengan sebaik baiknya. Petani bisa hidup lebih sejahtera, usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan kiri bendung, serta pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan datang," ujar Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *