Kerugian Capai Miliaran Rupiah Gedung Instalasi Farmasi Dinkes Inhu Riau Terbakar

Gedung Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hulu (Inhu), Riau terbakar pada Kamis (20/8/2020) malam. Akibat kebakaran tersebut, sejumlah alat kesehatan danobat obatanmilik Dinkes Inhu ikut terbakar. Kerugian yang diderita Dinkes Inhu mencapai miliaran rupiah.

Saat ini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Pemadaman dilakukan oleh empat unit mobil pemadam dari Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu dan mobil pemadam dari PT Tunggal Perkasa Plantation (TPP). Pemadaman juga dibantu oleh petugas TNI Polri dan juga masyarakat.

Direktur RSUD Indrasari Rengat, Sri Dharmayanti memastikan stok obat yang terbakar untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari dipastikan aman. "Stok obat kita masih aman tidak terganggu dengan kebakaran tersebut," kata Sri Dharmayanti. Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinkes Inhu, Elis Julinarti.

Menurut Elis RSUD Indrasari memiliki gudang penyimpanan obat dan alat kesehatan sendiri. Bupati Inhu, Yopi Arianto turun langsung memantau pemadaman, ia menegaskan kejadian ini merupakan musibah. "Ini musibah, Alhamdulillah petugas KPBD, TNI, Polri, dan dibantu masyarakat berhasil melakukan pemadaman," kata orang nomor satu di Kabupaten Inhu tersebut.

Dirinya berharap agar kejadian tersebut tidak dijadikan berita negatif. Pasalnya sempat tersiar kabar bahwa kantor KPU Inhu yang terbakar. "Informasi di media sosial tadi banyak menyebutkan bahwa kantor KPU yang terbakar. Saya informasikan gedung KPU terselamatkan," katanya.

Terkait persoalanobat obatanyang habis terbakar, Yopi menyampaikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi dan Kementrian Kesehatan. "Dengan media, kejadian ini sudah terinformasikan. Saya yakin Dinkes mampu menuntaskan persoalan ini," ungkap Yopi. Yopi juga menyerahkan proses penyelidikan penyebab kebakaran tersebut kepada aparat Kepolisian.

"Semua yang terjadi kita serahkan kepada pihak Kepolisian untuk menindaklanjuti dan menyelidiki indikasi apa yang menyebabkan kebakaran terjadi," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *