Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang terjadi pada sistem urine, ginjal, sampai ke saluran uretra terjadi karena adanya bakteri. Adapun ciri ciri mengalami infeksi saluran kemih, yaknitimbul rasa sakit saat buang air kecil, warna kencing jadi lebih pekat karena tercampur darah, dan rasa nyeri di perut bagian bawah. Dokter Spesialis Bedah Urologi, dr. Andre Dastha Chrisbeth Sinulingga, Sp.U menyebutkan penyebab utama masuknya bakteri ke saluran kemih karena tidak merawat kebersihan lubang kencing.

Infeksi saluran kemih ini lebih banyak dialami wanita karena posisi lubang kencing dan vagina yang saling berdekatan, namun pria juga berisiko mengalami ISK. "Kuman yang menginfeksi saluran kencing berasal dr daersh di sekitar lubang kencing makamya wanita sering kena tapi pada anus pun sering. Sehingga yang paling penting adalah kebersihan di daerah lubang kencing," kata dr. Andre saat live bersama RS Eka Hospital, Selasa (25/8/2020). Infeksi di saluran kemih juga bisa terjadi karena cara membersihkan organ kencing yang tidak benar karena seharusnya setelah menyiram lalu menyeka organ kencing , mengelap hingga bersih.

"Kalau abis hubungan seksual saya juga bersih bersih, pokoknya jaga kebersihan banget," ungkap dr. Andre. Dr. Andre juga mengatakan kebiasaan menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan infeksi saluran kencing karena kotoran bisa menumpuk di saluran kemih. Terakhir, kurang minum juga bisa sebabkan infeksi saluran kemih karena saat tubuh kekurangan cairan maka urin jadi lebih pekat dan memancing bakteri.

"Di rumah meskipun ber AC tetap minum. Trik saya kemana mana selalu sedia botol, dikit dikit minum. Beli botol yang transparan jadi tahu minumnya sudah berkurang berapa," kata dr. Andre.