Kumpulan Poster Edukasi Mengenai Pencegahan Virus Corona untuk Anak Sekolah

Covid 19 atau yang dikenal dengan virus corona memang sedang menjadi pusat perhatian, maka berikut ini adalah kumpulan poster atau gambar bertemakan mengenai virus corona atau covid 19. Poster poster ilustrasi berikut ini berisikan informasi mengenai edukasi pencegahan virus corona, gambar poster berikut ini mungkin bisa menjadi bahan edukasi Anda kepada anak Anda yang masih sekolah. Jelaskan kepada anak bahwa virus corona adalah virus jenis baru yang menyebabkan sakit saluran pernapasan.

Virus Covid 19 ini berasal dari negara Cina, dan merupakan satu keluarga dengan SARS dan MERS. Maka beri tahu anak gejala gejala klinis yang mungkin timbul akibat virus ini, seperti Demam

Batuk,pilek Gangguan pernapasan Sakit tenggorokan

Letih, lesu Lalu berikan penjelasan kepada anak pentingnya melakukan pencegahan, seperti: Setelah mengetahui gejala klinis dan juga cara cara pencegahan kepada anak, maka ajarkan anak melakukan atau mempraktekkan gerakan pencegahan tersebut.

Ajarkan kepada anak untuk menerapkan etika batuk yang benar, seperti: Jika sedang batuk, ajarkan anak untuk menggunakan masker Jika sedang batuk atau bersin, ajarkan mereka untuk menutup hidung dan mulut menggunakan lengan tangan atas bagian dalam

Tutup mulut dan hidung menggunakan tisu Setelah menggunakan tisu, segera buang tisu ke tempat sampah Kemudian setelah itu ajarkan mereka untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Bagi anak, mungkin menggunakan masker adalah hal yang baru. Sebagian dari mereka mungkin juga belum mengetahui secara tepat cara menggunakan masker, maka ajarkan mereka untuk menggunakan masker yang baik dan benar agar pencegahan dapat efektif. Ajarkan mereka menggunakan masker sesuai dengan tata cara yang telah diajarkan pada poster tersebut.

Jangan lupa untuk memberi tahu anak tentang siapa saja orang yang perlu menggunakan masker. Kenalkan kepada anak, tentang gerakan hidup sehat di masyarakat untuk upaya pencegahan tertularnya virus covid 19 ini. Beri mereka penjelasan singkat tentang pentingnya menjaga diri agar tetap sehat selama wabah virus ini masih belum selesai teratasi.

Berikan contoh dan ajarkan kepada anak tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar untuk upaya pencegahan penularan virus covid 19. Ada 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar, seperti petunjuk diatas. Mencuci tangan yang baik dan benar, kurang lebih membutuhkan waktu 60 detik.

Ingatkan mereka rajin mencuci tangan terutama, sebelum makan, setelah BAB, sebelum menjamah makanan, hingga setelah beraktifitas. Beri pengertian kepada anak untuk cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari virus covid 19. Kenalkan makanan makanan mengandung vitamin, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikan mereka asupan asupan makanan yang bergiz seimbang dari mulai lauk pauk, buah, sayur hingga makanan pokok. Buah buahan sangat bagus untuk dikonsumsi, sebagai pencegahan penularan virus. Sayuran juga mampu menambah kekebalan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Istirahat yang cukup atau tidur yang cukup ternyata juga menjadi salah satu langkah pencegahan penularan virus covid 19. Namun istirahat saja tidak cukup, tubuh juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan selalu vit dengan rajin berolahraga setiap hari. Salah satu langkah memutuskan rantai penularan virus covid 19 ini adalah dengan tetap tinggal dirumah.

Selain itu menjaga kebersihan dan jarak dengan orang lain mungkin menjadi langkah efektif untuk mencegah penularan virus ini. Namun, ketika dirumah sebaiknya kita harus tetap aktif dan melakukan aktivitas harian lainnya, seperti: Kelas (olahraga) online

Menari Main video game Main lompat tali

Latihan penguatan otot dan keseimbangan. Hal ini dapat membantu tubuh agar tetap aktif dan menjadi produktif walaupun hanya berada di rumah saja. Selama wabah virus corona belum terselesaikan, ingatkan anak untuk mengindari bersalaman.

Karena bersalaman atau kontak langsung adalah salah satu proses penularan yang paling mudah dari virus covid 19 ini. Untuk menggantikan gerakan bersalaman, kita bisa menggunakan cara lain untuk berhubungan dengan orang lain. Misalnya dengan menyapa, mengangguk, hingga membungkukkan badan.

Ini merupakan upaya teraman untuk mencegah covid 19 tertular pada diri kita. Penting bagi kita menjaga jarak satu sama lain untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus secara tiba tiba. Berikan pengertian pada anak, bahwa menjaga jarak ini bukan berati tidak sayang, tetapi ini demi menjaga kesehatan keluarga satu sama lain.

Anda dan semua anggota keluarga mungkin merasa bosan karena selalu berada dirumah. Anak Anda mungkin juga ingin berkumpul dengan teman sebayanya, ingatkan kepada mereka walaupun mereka berada di rumah, mereka masih bisa bercengkerama dengan temannya. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkomunikasi dan tatap muka secara virtual dengan orang lain.

Kenalkan juga kepada anak tentang istilah istilah mengenai korban dari virus corona (covid 19) ini. Orang Tanpa Gejala (OTG) ini merupakan seseorang yang tidak bergejala namun sempat memiliki kontak erat dengan pasien positif covid 19. Orang Dalam Pemantauan (ODP) merupakan orang yang dicurigai menderita gejala klinis virus corona seperti:

Demam, pilek, batuk ataupun sakit tenggorokan. Sempat memiliki riwayat perjalanan di negara lain yang terkonfirmasi terinfeksi virus covid 19. Terakhir adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), merupakan pasien yang menderita gejala klinis covid 19.

Namun untuk golongan PDP ini membutuhkan perawatan khusu yaitu di rumah sakit. Virus covid 19 mewabah di sejumlah negara danmenimbulkan kepanikan tersendiri di berbagai kalangan masyarakat. Meski demikian,masyarakat Indonesiatidak perlu panik, tapi tetap harus waspada.

Dilansir dari , penyatakit dari virus corona (covid 19) ini terbilang berbahaya karena ini merupakan salah satu virus yang mematikan di dunia. Penamaan virus corona berasal dari kata crown yang berarti mahkotajika dilihat dengan mikroskop. Bentuk mahkota ini ditandai oleh adanya "Protein S" yang berupa sepatu, sehingga dinamakan spike protein, yang tersebar di sekeliling permukaan virus (tanda panah).

"Protein S" inilah yang berperan penting dalam proses infeksi virus terhadap manusia. Tampak pada panah "Protein S" disekeliling permukaan virus sehingga membuat bentuk virus seperti mahkota. Coronavirus adalah virus yang berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 100 120 mm.

Virus corona akan menular apabila penderita berhubungan langsung dengan oranglain yang daya tubuhnya lemah. Penyakit ini sangat berbahaya, dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika penderita batuk, bersin atau menghela napas. Cairan tubuh penderita ini akan mendarat pada benda dan permukaan di sekitar orang tersebut.

Bahayanya, virus ini dapat menyerang seseorang secara tiba tiba karena tingkat penularannya yang tergolong sangat tinggi. Oleh karena itu, kita harus lebih berhati hati dan melakukan pencegahan terhadap penyebaran virus corona yang berbahaya ini. Penting bagi kita untuk mengantisipasi dan mencegah penularan virus corona ini dengan mengetahui ciri dan gejalanya serta melakukan pecegahan pencegahan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah dan tim medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *