Mendagri Sebut Tidak Ada Negara di Dunia yang Tunda Pemilu menuju Tahun Berikutnya Saat Pandemi Corona

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut tidak ada negara yang menunda pelaksanaan pemilu, baik nasional, federal, maupun lokal hingga tahun depan saat pandemi Covid 19. Tito menjabarkan dari 47 negara yang menggelar pemilu, sebagian diantaranya sesuai jadwal, sebagian lainnya tertunda untuk hitungan bulan. Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja virtual dengan Komisi II DPR RI, Rabu (27/5/2020).

"Sebagian sudah melaksanakan, sebagian on schedule, sebagian menunda tapi bulan, tidak ada tahun," kata Tito. Kemudian Tito mencontohkan negara yang telah dan akan menggelar pemilu meski diterpa wabah virus Corona. Ia mencontohkan Korea Selatan sudah melaksanakan pemilu bahkan digelar saat negeri ginseng itu berada di puncak pandemi.

Pencoblosan di Korea Selatan berlangsung pada 15 April lalu, sedangkan tahapannya sudah dilakukan sejak Januari. "Padahal negara ini yang kedua mengalami pukulan setelah China," ujar Tito. Selanjutnya, mantan Kapolri ini juga mencontohkan Amerika Serikat yang tetap akan menggelar pemilihan presiden, anggota DPR, dan senat pada tahun ini.

"Indonesia kalau terlaksana Desember maka kita negara terakhir yang laksanakan pilkada di 270 wilayah di 2020 di seluruh dunia, kita yang terakhir," katanya. Lembaga Survei Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei tentang rencana Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Menurut hasil survei yang dilakukan melalui by phone terhadap 1.200 responden pada 7 17 Mei 2020 menunjukan, 51,2 persen responden menganggap perlu diundur waktunya.

Kemudian, 29.5 persen responden yang menganggap waktunya sudah tepat. Survei ini margin of errornya 2,89 persen dan confidence level pada 95 persen. Lalu, sebanyak 19,3 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Sebagai informasi, metode survei telepon dipilih karena merupakan cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan di tengah kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan mempertimbangkan aspek metodologis secara seksama. Pemilihan responden survei ini berdasarkan bank data nomor kontak responden yang pernah diwawancarai dalam survei survei sebelumnya, yaitu sejumlah 10.456 data. Bank data ini merupakan hasil dari stratified random sampling pada survei skala nasional maupun Provinsi dan Kabupaten/kota yang telah dilakukan oleh Roda Tiga Konsultan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *