Menu Istimewa di Hari Kemenangan Ada Opor Ayam Kuning hingga Pedas Resep Opor Ayam yang Lezat

Berikut ini aneka resep opor ayam, menu khas lebaran. Ada opor ayam kuning hingga opor ayam pedas yang mudah dibuat. Opor ayam jadi menu istimewa di hari kemenangan.

Umat Islam tengah bersuka cita menyambut hari kemenangan. Berbagai menu lezat biasanya akan dihidangkan di hari lebaran, termasuk opor ayam. Biasanya, menu ini akan dihidangkan dengan ketupat atau pun lontong.

Bisa dikatakan, opor ayam tak pernah absen di meja makan saat Lebaran tiba. Di tengah kesibukan persiapan lebaran lainnya, jangan sampai lalai untuk mempersipkan resep spesial opor ayam. Alih alih membuat hidangan lezat, justru bisa tak nikmat jika resepnya salah.

Nah, jangan khawatir! Mengutip dari untuk membuat menu ini waktu yang dibutuhkan sekitar 60 menit alias satu jam. Menu ini akan cukup untuk 16 porsi penyajian.

1. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai sampai harum 2. Masukkan ayam dan aduk hingga berubah warna 3. Tambahkan garam dan merica lalu aduk rata.

4. Tuang santan sedikit sedikit 5. Masak sambil diaduk sampai matang dan agak kental 1. Lumuri ayam dengan air asam jawa dan garam dan iamkan 10 menit

2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum 3. Masukkan ayam dan aduk sampai berubah warna 4. Tambahkan santan encer, garam, dan gula merah lalu masak sampai matang

5. Jika sudah matang, angkat dan suwir suwir daging ayam 6. Masukkan kembali ke dalam sisa rebusan santan encer 7. Tambahkan santan kental dan masak sampai meresap dan kering

Takaran dalam resep berikut ini dapat dihidangkan dalam empat porsi. 1. Lumuri ayam dengan air asam jawa. Diamkan 15 menit. 2. Tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan garam, merica, dan gula merah. Aduk rata.

3. Tuang santan encer secara bertahap sampai santan berkurang separuh. 4. Masukkan santan kental. Masak sampai mendidih dan meresap. 5. Sajikan setelah ditabur bawang merah goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *