Pengalaman Wisata Muslim‐Friendly menuju Singapura Ala Influencer Hijab

Pelancong mana sih yang tak kangen jalan‐jalan ke Singapura? Bukan hanya tak sabar mengunjungi destinasi tersohor seperti Marina Bay Sands, Universal Studio, atau Gardens by the Bay. Bukan juga sekadar tentang belanja barang branded di Orchard Road. Sebab, Singapura adalah destinasi serba ada yang meninggalkan sejuta kenangan tak terlupakan. Setidaknya hal itulah yang dirasakan oleh Rizky Amelia, influencer yang kerap memadupadankan fesyen hijab di akun Instagram‐nya. Tak hanya punya banyak kenangan di Singapura, ia juga mengakui Singapura membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Berikut pengalaman “jatuh cinta” Amel, sapaan karib Rizky Amelia, saat berwisata ke Singapura yang muslim‐friendly!

Amel mengaku rindu berat dengan momen Ramadan tahun lalu di Singapura. Saat itu, ia mengikuti Celebfest Ramadan di Suntec City Singapura. Sambil berbelanja tren mode terbaru dan mencicipi jajanan, Amel menyaksikan panggung “Rentak Raya” yang diramaikan oleh lebih dari 70 selebritas Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kemudian, Amel juga sempat menikmati keceriaan Ramadan di Geylang Serai Bazaar. Ia takjub dengan bazaar dengan 500 lapak yang menjajakan makanan halal, pakaian, makeup dan aksesoris yang digelar di salah satu permukiman Melayu tertua di Singapura ini. Keramaian di Geylang Serai Bazaar dipadukan dengan gemilang lampu warna‐warni dan beragam carnival games yang membuat suasana kian ceria.

Bagi Amel yang gemar membaca, ia dimanjakan dengan beragam buku di toko buku unik di bangunan bersejarah di Bussorah Street. Toko itu bernama Wardah Books yang menyediakan buku‐buku tentang sufisme, sejarah Islam, dan filsafat Islam. Selain Wardah Books, Amel juga mengunjungi Masjid Sultan di Kampong Gelam, sebuah kawasan Muslim di utara sungai Singapura. Sambil beribadah, Amel pun sempat mempelajari kehidupan muslim dan pengaruh Timur Tengah di Singapura. “Berbelanja buku keagamaan, berbuka puasa dengan masyarakat dari berbagai kalangan serta beribadah di masjid bersejarah adalah kunci malam Ramadan di Singapura yang berkesan bagiku,” lanjut Amel.

Ke Singapura belum afdal kalau tak berbelanja! Begitu pun Amel yang menyempatkan diri berbelanja di berbagai spot terkenal di Singapura. Salah satunya Orchard Road. Orchard Road yang terletak di Central Area Singapura ini menghadirkan sejumlah mal kelas atas, mulai dari Lucky Plaza, ION Orchard, Paragon, TANGS, Ngee Ann City, serta Orchard Central. Semua tempat tersebut menawarkan koleksi menarik, baik dari brand lokal maupun internasional. Selain Orchard Road, Amel juga merasa beruntung karena dapat mengikuti Great Singapore Sale (GSS) tahun lalu, acara belanja besar yang memberikan penawaran harga super menarik selama lima pekan dari sejumlah brand ternama. Amel mengatakan dirinya sempat berpesta belanja di GSS tahun lalu. "Wah, next time kalau ikut GSS lagi, wajib siapkan daftar belanja. Kalau tidak, kita bisa khilaf karena koleksinya bagus bagus dan harganya menarik banget!” kata Amel.

Bagi Amel, menemukan kuliner halal di Singapura bukanlah sebuah kesukaran. Aneka makanan halal tersebar di mana‐mana, seperti di Kampong Gelam atau Geylang Serai, Tak ketinggalan, banyak tempat yang menggelar event festival kuliner halal di sana. Amel pun merasa lebih nyaman mencicipi kudapan Singapura sebab Majlis Ugama Islam Singapore (MUIS) telah mengeluarkan sertifikat halal yang menjamin kebutuhan konsumen muslim. Dengan ini, pengunjung dapat melihat berbagai logo halal MUIS di restoran maupun kemasan snack dan makanan. “Sebagian besar produk mi instan, kue dan snack di Singapura sudah punya label halal yang diterbitkan MUIS. Tentu saja, sebagai pelancong berhijab aku merasa di rumah sendiri. Wah, jadi super kangen sama Singapura!” ujar Amel.

Secara keseluruhan, alasan yang bikin Amel jatuh cinta pada pandangan pertama adalah karena Singapura merupakan destinasi yang ramah buat wisatawan muslim. Makanan halal, perayaan keagaman, dan kenyamanan beribadah dapat ditemukan dengan mudah di Singapura! Bagaimana dengan Anda, apa yang membuat Anda jatuh cinta dengan Singapura? Sembari mengenang momen‐momen tersebut, yuk catat serangkaian destinasi ala Amel sebagai referensi traveling nanti! Sebagai informasi, pandemi ini Singapura sedang berada di Phase 2, di mana kegiatan bisnis dibuka secara bertahap. Beberapa regulasi yang harus dipatuhi adalah menggunakan masker, tidak berkumpul lebih dari 5 orang, jaga jarak 1 meter, dan rutin mencuci tangan.

Untuk memastikan keamanan pengunjung, setiap atraksi wisata, restoran, pertokoan, dan lokasi ikonis lainnya di Singapura telah dilengkapi dengan kebijakan SafeEntry. Lewat aplikasi SafeEntry, pengunjung akan melewati proses tracing saat check in dan check out dengan memindai barcode yang tersedia di lokasi. Segala informasi di atas mengenai situasi COVID 19 di Singapura adalah akurat berdasarkan sumber resmi Tunggu apa lagi? Yuk, canangkan rencana liburan yang tak terlupakan di Singapura kelak! Info lebih lanjut, klik .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *