Renovasi Stadion Demang Lehman Homebase Barito Putera Ditargetkan Rampung Oktober 2020

Barito Putera mengambil kesempatan jeda kompetisi Liga 1 2020untuk merenovasi Stadion Demang Lehman. Seperti diketahui, kompetisi sepak bola di Tanah Air,baik Liga 1 dan Liga 2, ditangguhkan sementara akibat pandemi corona hingga 29 Mei mendatang. Pertandingan dapat dilanjutkan pada awal Juli, dengan catatan pemerintah telah mencabut status kondisi darurat.

Situasi tersebut membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memilih membenahi dan meningkatkan fasilitas Stadion Demang Lehman. Sejak awal 2020, sudah dianggarkan dana untuk memperindah markas Laskar Antasari melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Diantaranya meliputi perbaikan kualitas fisik rumput dan pembenahan fisik gedung menjadi prioritas utama agar Stadion Demang Lehman semakin elok.

Hal tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Agung Dewanto selaku Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan. "Alokasi anggaran untuk renovasi dan rehabilitasi Stadion Demang Lehman tahun 2020 dengan pagu total sebesar Rp 2 miliar." "Dana anggaran tersebut rencananya digunakan untuk merenovasi beberapa jenis pekerjaan mulai dari perawatan rumput, pengadaan dan pemasangan LED Video," kata Agung, dikutip dari laman klub.

Agung menambahkan, sejauh ini beberapa item fisik stadion yang akan direnovasi telah masuk dalam tahap lelang elektronik di ULP. Sekedar informasi, lelang itu diharapkan sudah selesai pada akhir Juli atau awal Agustus. "Harapan kami pengerjaannya segera selesai, karena menurut informasi akan segera digunakan untuk pelaksanaan lanjutan kompetisi sepak bola pada tahun 2020 di Kalimantan Selatan."

"Informasi sekitar bulan September atau Oktober 2020 ini," terangnya. Hal senada juga diungkapkan oleh Lalu Wira Pratama selalu Local General Coordinator Barito Putera. Wira menjelaskan secara rinci apa saja yang menjadi poin utama renovasi Stadion Demang Lehman.

"Terkait pembenahan fasilitas, ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan." "Kemudian scoring board digital (LED Videotron), bench pemain fourd ofisial dan benck tim medis, barikade pembatas serta mesin pompa air," ungkap Wira. Khusus rumput, terhitung mulai 18 Maret 2020 pihak pengelola bekerja sama dengan Manajemen Barito Putera menggandeng PT Lesatrindo, vendor yang sudah berpengalaman menangani rumput stadion sepak bola di Indonesia.

"Rumput lapangan sudah dilakukan perawatan oleh PT Lestarindo, dananya juga memakai anggaran dari APBD 2020 Provinsi Kalimantan Selatan," pungkas Wira. Barito Putera sendiri saat ini belum meraih kemenangan di 3 pertandingan awal Liga 1 2020. Tim besutan Djajang Nurjaman ini baru mengumpulkan 1 poin dan menempatkannya di papan bawah, tepatnya posisi 17 klasemen sementara.

Rinciannya, pada pekan perdana dipermalukan oleh tuan rumah Madura United dengan skor 4 0 di Stadion Gelora Pamelingan Madura. Kemudian pada pekan kedua dibungkam oleh tim tamu Bali United di hadapan publiknya sendiri dengan skor 1 2 di Stadion Demang Lehman. Kemudian pertandingan terakhir pekan ke 3, mencuri 1 poin dari markas PSM Makassar dengan skor imbang 1 1 di Stadion Andi Mattalatta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *