Sejumlah Kawasan Ekonomi akan Diberi Kelonggaran Aktivitas

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan agar mempercepat pelonggaran aktivitas bagi sejumlah kawasan. Mulai dari pertambangan, perindustrian, perkebunan, dan kawasan lainnya yang resiko penyebaran Covid 19 bagi warga sekitarnya kecil. "Jadi ini menjadi pertimbangan kami untuk sesegera mungkin melakukan koordinasi dengan lembaga terkait," ujar Doni usai rapat terbatas penanganan Covid 19, Kamis, (4/6/2020).

Pihaknya kata Doni akan terlebih dahulu meminta data serta masukan dari kementerian atau lembaga sebelum kemudian memutuskan kawasan apa saja yang akan mendapat kelonggaran. "Setelah ada data data dan masukan dari Kementerian atau lembaga yang ada nanti segera diumumkan jenis bidang apa saja yang harus segera kita berikan kelonggaran," tuturnya. Dalam setiap kebijakan pelonggaran yang diterapkan, Presiden menurut Doni terus mengingatkan agar wajib menerapkan protokol kesehatan. Karena menurutnya belum diketahui pasti kapan akan ditemukannya vaksin.

"Dan kita juga belum akan tahu kapan akan berakhirnya covid ini. Oleh karenanya kemampuan kita beradaptasi terhadap ancaman covid ini harus selalu kita siapkan, harus selalu diingatkan dengan kehati hatian, tidak boleh lengah, tetap waspada. Sehingga kegiatan tetap paralel. Kita tetap mengamankan masyarakat agar tidak terpapar covid tetapi juga kita harus memeprhitungkan warga masyarakat kita untuk tidak terkapar PHK," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *