Video Call Jadi Obat Rindu Pada Jan Ethes dan Sedah Mirah, Jokowi:Mbah Kangen Tapi Belum Bisa Ketemu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas rindunya pada cucu cucunya saat tak bisa bertemu karena wabah virus corona atau covid 19. Jokowi menyempatkan waktu untuk melakukan video call dengan kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution. Jokowi melepas rasa kangennya lantaran tak bisa pulang kampung di tengah pandemi Corona yang tak kunjung mereda.

Apalagi, kedua cucu tersebut berada di kota yang berbeda, Jan Ethes dan adiknya La Lembah Manah berada di Solo dan Sedah Mirah berada di Medan. Momen video call tersebut diungkapkan oleh Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Gibran bercerita, Jan Ethes dan Sedah Mirah tampak rebutan bicara tatkala video call tersambung.

"Ethes sama Sedah sudah minum susu?" ucap Gibran menirukan Ayahnya, Jokowi saat melakukan video call dengan cucu, Sabtu (9/5/2020). Mereka pun kompak menjawab pertanyaan orang nomor satu di Indonesia itu. "Udah Mbah!" tutur Jan Ethes dan Sedah Mirah bersama sama.

Dalam momen video call tersebut, Jokowi meminta Jan Ethes dan Sedah Mirah untuk main bersama bapak ibu mereka dulu di rumah selama pandemi Corona. "Ya, Ethes sama Sedah mainnya sama Bapak Ibu dulu ya di rumah, nanti Mbah pasti video call lagi," kata Jokowi. Jokowi tak bisa menahan rasa kangennya terhadap kedua cucunya itu.

"Mbah sudah kangen, tapi belum bisa ketemu, sabar ya," cerita Gibran menirukan ayahnya saat melakukan video call. Nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo cukup unik. Putri dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda memberikan namaLaLembahManah.

Seperti nama kakaknyaJanEthesSrinarendra, ternyata memiliki arti dari bahasa Jawa kuno. Selain itu adaSedahMirahNasution, putri pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang memilikiartinamabahasa Jawa dan Sansekerta. Presiden Jokowi datang ke RS PKU Muhammadiyah Solo sekira pukul 20.12 WIB.

Dokter yang menangani persalinan Selvi menjadi tim dokter yang sama saat menangani persalinanJanEthes. Bayi perempuan tersebut lahir dengan berat sekira 2,92 kilogram dan panjang sekira 46,3 centimeter. Presiden Joko Widodo mendapatkan tiga cucu yang menggemaskan.

Cucu pertama adalahJanEthesSrinarendra, cucu kedua adalahSedahMirahNasution dan ketiga adalahLaLembahManah. Terdengar asing dan cukup unik, ternyata nama cucu Jokowi tersebut diambil dari bahasa Jawa kuno dan dari bahasa Sansekerta. Nama tersebut mengandungartinamayang baik. Nama Jan bisa berasal dari berbagai bahasa asing. Melalui pencarian di cekartinama.com,artinamaJan dari bahasa sansekerta berarti bertindak adil dan tidak mudah terpengaruh.

Sedangkan Narendra dalam bahasa sansekerta berarti orang berkuasa yang dikaruniai. Melalui tayangan Ini Talkshow di NET, Gibran pernah menjelaskanartinamaJanEthesSrinarendra kepada publik. Menurut GibranartinamaJanEthesadalah secakat sedangkan Sri Narendra adalah pemimpin yang cerdas. Gibran mengambil nama tersebut dari bahasa Jawa.

NamaSedahMirahdiambil dari Bahasa Jawa. Menurut Bobby,SedahMirahmemiliki arti perempuan cantik dan anggun. Bobby menamakan namaSedahMirahseperti nama putri Solo Raden Ayu Adipati Sedhah Mirah. "Sedah Mirah itu dulu kalau nggak salah ada Puteri di Solo namanyaSedahMirah," ungkap Bobby Nasution. "Dia terkenal dengan kecantikannya, mudah mudahan ketularan, jadi kita kasih nama Sedah Mirah," tambah Bobby.

Dalam bahas Jawa lemah artinya lembah lembut dan mana adalah hati. Gibran mengaku bahagia karena diberi anugerah lengkap anak laki laki dan perempuan. Dalam bahasa Italia La artinya Sang atau Si yang menyebutkan feminin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *