2 Desa di Ponorogo Langsung Lockdown 13 Orang Tertular Covid Jenguk Warga Dikira Sakit Jantung

2 Desa di Ponorogo Langsung Lockdown 13 Orang Tertular Covid Jenguk Warga Dikira Sakit Jantung

Gara gara mengira seorang kerabat sakit akibat penyakit jantung, 13 warga di Ponorogo Jawa Timur terpapar Covid 19. Mereka kini menjalani isolasi, semantara yang menularkan telah meninggal dunia. Klaster keluarga ini membuat dua desa di Ponorogo langsung memberlakukan lock down.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengumumkan dalam sepekan terakhir terdapat tambahan 55 kasus positif Covid 19 di Ponorogo. Selain itu, Ipong juga mengumumkan adanya 2 pasien Covid 19 yang meninggal dunia. Salah satu daerah penyumbang tambahan positif terbanyak dalam pekan ini adalah dari Desa Kutu Kulon dan Desa Karanggebang, Kecamatan Jetis, Ponorogo.

Di dua desa tersebut terjadi penularan atau transmisi lokal dari pasien kasus 303 yang menulari 13 saudara maupun tetangganya. Pasien no 303 ini adalah seorang laki laki umur 62 tahun, asal Desa Kutu Kulon dan yang bersangkutan sudah meninggal saat dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Ponorogo. "Karena tadinya dikira (pasien 303) ini bukan corona. Dikira sakit jantung karena dia ada riwayat itu dan sudah tua, sehingga banyak keluarganya membesuk," kata Ipong, Sabtu (19/9/2020).

Dari situ lah penularan bermula hingga membuat kedua desa saat ini diberlakukan sistem lock down sejak beberapa hari yang lalu. "Saya mengimbau sekaligus melalui relawan dan dan satgas meminta masyarakat untuk tidak kunjung mengunjungi dulu kecuali penting dan itu pun harus mematuhi protokol kesehatan," lanjutnya. Selain itu tambahan kasus positif Covid 19 di Ponorogo juga banyak disumbangkan dari masyarakat yang bepergian dari luar kota.

Untuk itu Ipong mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan monitoring kedatangan warga yang berpergian dari zona merah. Jika terpaksa harus tetap bekerja atau melakukan kegiatan di luar rumah, ingat agar segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen serta membersihkan handphone dan benda lainnya dibawa selama bepergian. Dalam kesempatan yang sama politisi NasDem ini juga menyampaikan adanya 17 kasus yang terkonversi negatif atau sembuh.

Dengan tambahan tersebut total ada 365 kasus Covid 19 di Ponorogo. 277 di antaranya sembuh, 13 pasien meninggal dunia, dan 75 pasien sedang isolasi atau menjalani perawatan.

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *