Salah satu contohnya adalah tanaman di dalam rumah. Menurut kepercayaan orang Indonesia ada tanaman pembawa keberuntungan atau rejeki ada juga yang pembawa sial. Kepercayaan orang Indonesia ini ternyata masih ada sampai sekarang lo.

Berdasarkan fengshui atau cerita pepatah, banyak yang mempercayai jika memelihara salah satu tanaman hias ini rumah tidak akan tenang atau ketiban sial. Kaktus atau tanaman dengan duri duri tajam dipercayai sebagai tanaman pembawa sial di dalam rumah. Kecuali bunga mawar, tanaman berduri seperti kaktus dianggap sebagai tanaman pembawa sial karena bisa memicu pertengkaran.

Karena punya bentuk yang cantik dan minim perawatan, mitos tanaman pembawa sial ini kerap tidak dipedulikan. Tidak baik ditanam di sekitaran rumah karena bisa menyebabkan perselingkuhan dalam hubungan percintaan dan juga banyak bohong perihal keuangan keluarga. Selain itu, Tanaman ini dipercaya bisa mengundang percekcokan dalam keluarga.

Tanaman hias ini memang indah jika ditanam di halaman rumah karena warna daun yang hijau ada metaliknya. Tapi ternyata tanaman ini dipercaya pembawa sial karena tanaman ini bersarangnya mahkluk halus. Menurut kepercayaan, beringin kecilpun sudah ada mahkluk halusnya.

Tanaman bonsai dianggap sebagai tanaman pembawa sial karena merupakan simbol sebuah tanaman yang tersendat pertumbuhannya karena harus dikungkung dan terus menerus dipangkas. Ada beberapa spesies, termasuk daun klover yang dikenal sebagai pembawa keberuntungan. Tanaman ini dikenal sebagai simbol dari Irlandia, dan dipercaya sebagai penangkal roh jahat.

Kini sudah dikembangbiakkan varietas yang memiliki warna daun dan bunga yang bervariasi, serta tumbuh di banyak wilayah di dunia. Tanaman Philodendron adalah salah satu tanaman hias rumah paling populer. Terlepas dari ilmu feng shui, tahukah Anda bahwa tanaman ini termasuk tanaman yang memiliki potensi berbahaya jika diletakkan di dalam rumah?

Tanaman philodendron mengandung kalsium oksalat atau rafit yang merupakan unsur beracun. Meskipun kadarnya tidak tinggi dan tidak langsung berbahaya, ada beberapa orang atau hewan peliharaan yang cukup sensitif terhadapnya. Semua tanaman hias tidak bisa menjadi tanaman pembawa sial jika pemilik mengagumi, menyukai dan malah terinspirasi atas keindahannya.

Sebenarnya, masalah membawa sial atau tidak itu tergantung pemikiran pemiliknya. (*)