Alergi Serbuk Sari Bunga Sakura di Jepang Cukup Diantisipasi dengan Plester dan Penyumbat Hidung

Bunga Sakura di Jepang akan segera bermekaran bulan Maret 2020. Pada saat itu Kafunsho atau alergi terhadap serbuk sari biasanya akan muncul. Saat ini ada lima cara antisipasi atau memonitor dan menangani kafunsho tersebut. Pertama seperti biasa menggunakan selalu masker. Namun kini ada masker khusus dari kain handuk dengan bahan khusus. Bahan khusus itu dimasukkan ke dalam masker.

Harga masker tersebut sekitar 1.800 yen. Disebut Inner mask. Ada pula yang menggunakan tirai (gorden) jendela yang terbuat khusus untuk antisipasi kafunsho dijual dengan harga 1.264 yen satu set. Bisa dicuci dengan cara biasa sebulan sekali. Lalu ada pula cara menggunakan aplikasi yang diciptakan Universitas Juntendo bagian medis.

Bagian bawah dalam kulit mata di foto, lalu aplikasi bernama "Areru Search" akan menanyakan lima hal misalnya soal bersih, panas, pusing, dan sebagainya. Hasilnya akan ke luar dalam bentuk angka terbagi 4 level. Level pertama hasil akhirnya angka 0 25, masih normal. Level kedua angka 26 50 juga masih aman.

Lalu level ketiga angka 51 75 berarti sudah harus berhati hati kemungkinan terkena alergi serbuk sari. Level 4 sudah berbahaya dengan angka 76 100 yang mana kita harus menggunakan obat atau antisipasi lain supaya terjauhkan dari alergi serbuk sari tersebut. Pertama menggunakan plester Hisamitsu bernama Aresaga 4mg dengan ukuran sekitar 2cmx3cm.

Cukup tempelkan plester itu di tangan, sehari sekali saja. Saat mandi malam dilepas, lalu habis mandi setelah bersih tempelkan lagi satu plester yang baru. "Kafunsho biasanya muncul pagi hari saat bangun tidur akan terasa badan mulai tidak enak. Dengan plester tersebut ditempelkan sehabis mandi malam, maka tidur kita terjaga dan pagi hari akan terbebas dari kafunsho," kata Dokter Sumio Sugano dari klinik THT Sugano di Kota Kawasaki.

Satu lagi cara mengantisipasi Kafunsho adalah dengan menyumbat hidung menggunakan alat khusus yang terbuat dari bahan khusus, tidak mengganggu pernafasan dan mudah dilakukan pencucian. Sebanyak 90 persen serbuk sari akan tersaring oleh alat tersebut yang juga mudah memasangnya ke dalam kedua lubang hidung. Namanya Nose Mask Pit Neo 3 buah dengan harga 650 yen. Saat ini sudah terjual lebih dari 10.000 set di masyarakat Jepang, sangat populer untuk mengantisipasi kafunsho.

Info lengkap dan diskusi Jepang bisa bergabung ke WAG Pecinta Jepang kirimkan email nama lengkap dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *