Gak Ngerti Caranya Raffi Ahmad Pernah Jualan Keripik dengan Omzet Rp 90 Miliar Nagita Slavina

Pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina curhat pernah punya usaha keripik beromzet Rp 90 miliar. Hal itu diungkapkan dalam podcast bersama Sandiaga Uno di kanal YouTube Ruang Podcast Sandi. Melihat karier Raffi dan Nagita Slavina yang melejit, Sandi penasaran dengan bidang usaha yang dijalani pasangan artis tersebut.

Raffi menuturkan, setidaknya ada sekitar puluhan usaha yang dijajaki bersama istrinya. Hanya saja, dari puluhan usaha tersebut hanya beberapa yang berjalan dengan baik. Sisanya, usaha tersebut merugi atau tak begitu menguntungkan.

"Aduh berapa tapi kan enggak jalan semua, kita ada puluhan tapi yang juga enggak sampai sepuluh, paling 5 atau 6 yang gendut," jawab Raffi. Mantan calon wakil presiden itu lalu menanyakan bidang usaha Raffi yang tidak berjalan mulus. Di sinilah kemudian ayah dari Rafathar itu menceritakan beberapa usahanya yang tidak berjalan baik.

Satu di antaranya adalah keripik singkong yang beromzet fantastis. Padahal produk tersebut hanya dijual di satu gerai minimarket saja. Namun, produk tersebut hanya berjalan satu tahun dan merugi di tahun keduanya.

"Dulu kita punya keripik ya, namanya King Kong, tapi ya itu dia mungkin karena kita enggak punya pengalaman, dalam satu tahun, tahun keduanya kita lose banget," cerita Raffi. "Percaya enggak percaya, kaget ya kita, satu tahun cuma dalam satu Alfamart doang Rp 90 M omzetnya," tambahnya. Raffi dan Nagita Slavina mengaku cukup kaget dengan keberhasilan tersebut.

Hanya saja, ia mengakui bahwa kegagalan menjaga usaha tersebut adalah karena kurangnya pengalaman yang dimiliki. Terlebih, Nagita juga menambahkan bahwa sempat ada beberapa masalah terkait produk tersebut. "Itu kita kaget banget, tapi karena kita enggak punya pengalaman, setelah itu kita enggak ngerti cara ngasih ke pasar tradisional, atau yang lainnya," kata Raffi.

"Sempet ada masalah juga, terus juga enggak ngerti caranya, ya namanya kita anak muda juga belajar bisnis," timpal Nagita. Tak hanya produk makanan ringan, Raffi juga sempat mempunyai produk fashion. Sama dengan sebelumnya, ia dan Gigi memang belum bisa membuat produk tersebut menjadi tahan lama.

"Sama, baju juga RA Jeans di salah satu departement store, jadi aku sama Gigi belum punya pengalaman yang bisa untuk kita pegang long term ," ungkap Raffi. Dari pengalaman tersebut, Raffi dan Gigi kini telah belajar banyak. Keduanya yakin bahwa sebuah produk usaha mesti mereka kendalikan sendiri tanpa campur tangan pihak lain.

"Yang aku tahu pasti sekarang dari pembelajaran itu, yang jalan itu yang bener bener kita pegang sendiri," kata Gigi. "Harus pegang sendiri, kayak contoh yang keripik itu kan banyak kerja sama, pakai nama kita," tegas Raffi. Pada kesempatan itu, sebelumnya Raffi Ahmad mengaku sempat menyesal menyerahkan penghasilan YouTube kepada istrinya, Nagita Slavina.

Diketahui Raffi Ahmad kini menjadi salah satu YouTuber dengan pengikut terbanyak, yakni 16,8 juta subscribers . Meskipun merajai media sosial YouTube, Raffi Ahmad mengaku awalnya ragu terjun ke dunia digital. Hal itu menjadi sorotan politisi sekaligus pengusaha Sandiaga Uno.

"Gimana sih awalnya Bro Raffi ini tertarik merambah ke digital YouTube? Awalnya seperti apa?" tanya Sandiaga Uno. Raffi blak blakan mengaku sempat merasa enggan terjun ke dunia digital. "Saya itu orang yang enggak percaya sama digital awalnya," ungkap Raffi Ahmad.

Sebelum berkiprah sebagai YouTuber, diketahui Raffi Ahmad aktif sebagai presenter televisi dan pemain sinetron. Membandingkan dengan penghasilannya dari televisi saat itu, Raffi merasa tidak akan mendapat banyak pendapatan dari dunia digital. "Aku di TV 'kan udah hampir 20 tahun dan ngerasa kayaknya duitnya enggak ada di digital," papar suami Nagita Slavina tersebut.

"Dan juga karena kita lama di TV 'kan," tambahnya. Selain itu, saat itu Raffi merasa media televisi sangat berkuasa dibandingkan dengan digital. "TV 'kan udah paling besar awalnya, tapi 'kan ternyata digital kayak semut, terus naik," jelas presenter 33 tahun ini.

Raffi mengaku awalnya justru diajak sang istri, Gigi, untuk terjun ke YouTube. Ia membeberkan dari dulu memang sang istri gemar menonton YouTube. "Yang membuat aku nyemplung di digital itu istriku, Nagita. Dia itu digital banget," ungkap ayah Rafathar Malik Ahmad tersebut.

"Memang dari dulu nontonnya YouTube terus, dia digital banget," katanya. Ia blak blakan mengaku sempat tidak percaya YouTube dapat menghasilkan uang. "Sampai percaya enggak percaya, dulu 'kan aku enggak percaya kalau digital itu ada uangnya," ujar Raffi Ahmad.

Raffi mengaku bahkan memasrahkan pendapatan dari YouTube kepada istrinya. "Aku bilang, 'Ya udah duit digital Rans Entertainment lu yang pegang'," jelasnya. Hal itu Raffi sampaikan kepada Gigi agar penghasilan dari syuting televisi seluruhnya ia pegang.

Namun begitu mengetahui penghasilan dari YouTube bisa sangat besar, Raffi Ahmad langsung menyesal. "Aku ngomong gitu ke Gigi, karena dalam hati kecil gue, 'Ah ini enggak ada duitnya, biar uang syuting gue'," kata Raffi Ahmad. "Sekarang, aduh. Salah gue," tambahnya sambil terbahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *