Hadapi Perceraian, Ustaz Abdul Somad Pernah Lontarkan Penyataan Mengejutkan, ‘Saya Cari yang Lain’

Sebelum rumah tangganya diambang perpisahan, Ustaz Abdul Somad pernah melontarkan pernyataan soal perceraian. Seperti yang diketahui, Ustaz Abdul Somad kini tengah menghadapi proses perceraian dengan sang istri, Mellya Juniarti. Ustaz Abdul Somad menggugat cerai Mellya Juniarti yang dinikahinya pada tahun 2008 silam.

11 tahun mengarungi bahtera rumah tangga, Ustaz Abdul Somad memilih berpisah dari sang istri. Selama ini rumah tangga Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti memang tak banyak disorot. Bahkan Ustaz Abdul Somad cenderung tertutup ketika ditanya soal rumah tangganya.

Ustaz Abdul Somad telah mengajukan permohonan cerai talak terhadap Mellya Juniarti. Bahkan permohonan cerai talak tersebut telah dikabulkan Pengadilan Agama (PA) Bangkinang kelas 1B, Selasa 2 Desember 2019. Sebelum rumah tangganya diujung tanduk, Ustaz Abdul Somad ternyata pernah melempar statement mengenai perceraian.

Statement tersebut terlontar setelah seorang jamaah memberikan sebuah pertanyaan. Humas Pengadilan Agama Bangkinang, Muliyas S.Ag mengungkapkan bahwa di persidangan tersebut justru tak terlihat sang ustaz dan Mullya menampakkan diri. "Saat putusan dibacakan hakim kemarin hanya dihadiri kuasa hukum pemohon," ungkap Muliyas.

Perkara cerai sang ustaz juga telah teregistrasi dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn. Keduanya bahkan telah menjalani 11 kali proses sidang, yang termasuk proses mediasi. Pihak Humas juga mengungkapkan bahwa keduanya memiliki waktu 14 hari untuk berpikir menerima putusan atau melakukan upaya hukum lain.

Namun, siapa sangka Mellya justru hadir di sidang putusan pada Selasa kemarin. Mellya juga membenarkan bahwa pihak pengadilan telah memutuskan perkara yang diajukan oleh sang ustaz. “Ya pengadilan sudah membacakan amar putusannya dan kami tadi terlambat sehingga tidak hadir saat majelis membacakan putusan,” ujar Mellya Juniarti saat didampingi kuasa hukumnya Nurhasmi, SH.

Mellya juga kaget dengan putusan tersebut, pasalnya dirinya sebagai pihak tergugat tak hadir dalam sidang pemutusan perkara, tapi pengadilan langsung memutuskan perkara tersebut. Istri sang ustaz bahkan tak tahu penyebab sang suami menggugat cerai dirinya. Beredar isu bahwa penyebab keduanya bercerai lantaran sang ustaz kurang memberikan kebutuhan zohir atau lahir kepada sang istri.

“Kalau itu saya no coment , untuk lebih jelas tanyalah sama ustadz, karena saya termohon,” terangnya. Sebelum bercerai dengan sang istri, UAS sempat berceramah dan pernah menegaskan bahwa dirinya akan menceraikan sang istri apabila meminta diceraikan. Dilansir dari kanal Youtube Fodamara TV via Bangkapos, saat itu sang ustaz mendapat pertanyaan dari seorang jamaah.

"Bagaimana pak Ustadz kalau kita bertengkar sama istri. Kalau istri selalu minta cerai apa hukumnya," tanya jamaah kepada Ustaz Abdul Somad. "Ya sudah ceraikan saja. Istri saya tidak pernah minta cerai. Seandainya istri saya minta saya ceraikan. Saya cari yang lain, buat apa susah susah," jawab sang ustaz. Lebih lanjut, sang ustaz menyarankan bagi pasangan yang ingin menikah agar mengikuti kursus sebelum menikah, agar mengetahui hak dan kewajibannya.

"Supaya dia tahu apa haknya. Apa itu Zihar, Ni'an, Talak, apa itu rujuk, apa itu Itdah, apa itu Nafaqoh. dan apa kewajibannya," jelas UAS. Sang ustaz juga mengungkapkan 5 hak istri kepada suami. "Jadi ada lima hak perempuan pertama makan, pakaian, tempat tinggal, perhatian dan pendidikan. Suami juga wajib mendidik ke jalan Allah, perhatian termasuk seksual masuk kesana.

"Apabila suami tidak bisa memenuhi kebutuhan kamu punya hak Sighat Taklik jika meninggalkanistridua tahun lamanya. "Atau tidak memberikan nafkah Zohir dan Batin 3 bulan secara berturut turutistriberhak menuntutceraiapabila duia mendatangai pengadilan agama dan menuntut maka jatuh talak satu," papar UAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *