Ini Resep & Rahasianya Cara Membuat Kue Kastengel buat Sajian Lebaran Anti Gagal

Inilah resep dan cara membuat kue kastengel untuk sajian Lebaran. Kue kastengel ikut menjadi kue yang selalu ada di meja tamu saat Lebaran. Bersama kue nastar, kue kastengel juga jadi sajian andalan untuk para tamu yang datang ke rumah.

Rasanya gurih asin dan teksturnya yang renyah menjadi alasan kenapa kue kastengel disukai. Mumpung punya banyak waktu luang, kenapa tidak membuat sendiri kue kastengel di rumah? Bahan yang dibutuhkan pun mudah ditemukan dan caranya cukup gampang.

Hanya butuh 60 menit untuk membuat kue kastengel ala ini. Bahan: 100 gram margarin 100 gram mentega tawar dingin 1/4 sendok teh garam 1 buah kuning telur 15 gram putih telur 225 gram tepung terigu protein rendah 200 gram keju edam, parut, anginkan Bahan Olesan (aduk rata): 3 buah kuning telur 1/2 sendok teh krim kental

Bahan Taburan: 50 gram keju edam, parut 1. Kocok margarin, mentega, dan garam 2 menit. Masukkan telur. Kocok rata. 2. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan keju edam. Aduk rata.

3. Pulung adonan bentuk panjang. Potong potong 4 cm. 4. Oven dengan api bawah suhu 130 derajat Celsius 15 menit sampai setengah matang. 5. Oleskan bahan olesan. Taburkan keju. Oven lagi dengan api bawah suhu 130 derajat Celsius 35 menit sampai matang.

Untuk membuat kue kastengel yang gurih dan renyah, kuncinya ada pada pemakaian keju. Kue kastengel akan makin enak bila menggunakan keju jenis edam alias keju apel. Keju edam adalah keju tua yang punya tekstur kering dan aroma super harum.

Namun, untuk mengirit biaya, boleh dicampur dengan keju cheddar ke dalam adonan. Hanya saja perhatikan perbandingan keju edam dan keju cheddarnya. Semakin banyak keju cheddarnya, kastengel akan jadi makin kurang terasa ngeju, terutama pada aromanya.

Selain itu, kerugian lain tekstur kue kastengel menjadi basah sehingga sulit kering dan tidak renyah. Solusinya, keringkan keju cheddar dengan menyebar parutan keju cheddar di atas loyang. Jemur keju cheddar bisa di bawah terik matahari atau ditiup kipas angin hingga mengering.

Biasanya waktu yang dibutuhkan sekitar 1 – 2 jam. Setelah dikeringkan, tekstur keju cheddar pasti sudah mirip dengan keju edam: kering dan renyah. Kunci lainnya, dikutip dari sajiansedap.com, kastengel sebaiknya dioven dengan suhu 130 derajat celcius menggunakan api atas dan bawah.

Lamanya berkisar antara 45 65 menit. Setelah matang, kastengel harus didinginkan dengan sempurna. Caranya, jangan biarkan kastengel dingin di atas loyang.

Kastengel harus dipindahkan ke cooling rack agar uap panas bisa keluar dari atas dan bawah kastengel. Hasilnya, kastengel akan kering dan renyah sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *