Jangan Diabaikan, 7 Tanda Ini Tunjukkan Tubuh Anda Punya Masalah Kesehatan Serius

Sepertiperut kembung hingga luka pada bibir, semua tanda tanda itu ada artinya. Dengan adanya tanda tanda itu,kitaperlu memeriksakan kondisi kesehatan kita jauh jauh hari agar bisa mengambil tindakan cepat bila kondisi buruk menimpa. Berikut ini adalah tanda tanda tubuh yang berusaha memberitahu kita tentang kesehatan kita yang sebenarnya:

Perut kembung sebenarnya tubuh mencoba memberitahu bahwa kita tidak mencerna makanan dengan baik atau tubuh memiliki alergi atau intoleransi makanan, seperti susu, gandum, dan kacang. Ahli gizi, Rick Hay, mengatakan, "Penyebab umum lain dari kembung termasuk masalah hormonal, candida, sembelit, terlalu banyak gula atau minuman keras, stres, dysbiosis (ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat dalam saluran pencernaan) serta IBS." Mengonsumsi makanan besar bisa menyebabkan kembung, karena dapat mengencerkan asam di lambung, membuatnya tidak bisa mulai mencerna makanan.

Hay mengatakan bahwa ketika seseorang berjerawat, ubuh mungkin sedang mencoba mengingatkan pada gangguan hormon atau pencernaan yang mendasarinya. Jerawat juga bisa menjadi hasil dari ketidakseimbangan hati, pola makan yang buruk terutama karena terlalu banyak makan karbohidrat, stres dan alergi. Lapisan putih pada lidah dapat menjadi indikasi gangguan pencernaan seperti ketidakseimbangan mikrobiom, defisiensi vitamin B dan kemungkinan diabetes.

"Dalam kasus kekurangan zat besi dan vitamin B itu sangat memungkinkan seseorang untuk merasa terus lelah. Kuku bergaris vertikal bisa saja menjadi tanda adanya anemis, menurut laporanMedicalNewsToday. Untuk itu, kita perlu memeriksakan diri ke dokter saat tanda itu muncul pada kuku kita.

Keduanya menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh terganggu. Luka di bibir adalah manifestasi dari infeksi virus aktif yang terjadi setiap kali sistem kekebalan tubuh terganggu. Kulit atau mata yang menguning bisa menjadi gejala lebih serius dari kesehatan hati.

Menguningnya kulit mungkin disebabkan oleh kelebihan beta karoten, vitamin A, dan vitamin C yang tidak terlalu menimbulkan ancaman, namun mata yang menguning biasanya diamati pada orang yang hatinya mungkin bermasalah. Penyakit kuning juga bisa menyebabkan menguningnya kulit. Menurut NHS, penyakit kuning dapat disebabkan oleh batu empedu, penyakit hati alkoholik, penkreatitis, hepatitis, dan lainnya.

Jika terjadi kedutan pada mata, mungkin tubuh sedang mencoba untuk memberitahu bahwa sistem saraf sedang menderita. Ketidakseimbangan elektrolit dan status hidrasi dari tubuh cukup menjadi penyebab kejang saraf dan ini lebih mudah diperbaiki. Kedutan mata juga bisa menandakan kekurangan magnesium.

Artikel ini sudah tayang di laman Intisari Online dengan judul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *