Ketahui 4 Khasiat Urang-Aring untuk Rambut

Ketahui 4 Khasiat Urang-Aring untuk Rambut

Urang-aring atau dikenal juga dengan nama bhringaraj dan false daisy merupakan herba yang dikenal sebagai bahan perawatan rambut selama ratusan tahun. Tumbuhan ini populer digunakan di dalam pengobatan Ayurveda, Unani, dan Siddha.

Di Indonesia, tanaman dengan nama latin Eclipta prostrata ini dipercaya bisa menghitamkan rambut. Namun sebenarnya urang-aring masih memiliki khasiat lain bagi rambut.

Kandungan Nutrisi Urang-aring

Urang-aring memiliki berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat. Sari tumbuhan ini kaya vitamin E dan vitamin D.

Urang-aring juga mengandung magnesium, kalsium, dan zat besi. Semuanya dibutuhkan untuk menjaga kesuburan dan kesehatan batang rambut.

1. Menghitamkan Rambut

Khasiat urang-aring yang pertama tentu saja menghitamkan rambut. Selama berabad-abad, minyak urang-aring telah dipercaya mampu menjadikan rambut terlihat lebih hitam dan berkilau. Khasiat ini pun bisa dibuktikan dengan penelitian.

2. Meningkatkan Kesuburan Rambut

Tak hanya bisa menghitamkan rambut, urang-aring bisa digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesuburan rambut. Menurut sebuah studi dari tahun 2014, herba yang satu ini bisa merangsang folikel rambut dan memicu siklus pertumbuhan rambut yang lebih cepat pada spesimen tikus botak.

3. Mengatasi Ketombe

Menurut artikel yang dilansir Healthline, penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 membuktikan ekstrak urang-aring efektif untuk melawan bakteri dan jamur. Karena itulah urang-aring juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Urang-aring juga memiliki khasiat antiinflamasi, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dari iritasi.

4. Memperlambat Kemunculan Uban

Penuaan dini pada batang rambut yang ditandai uban bisa ditunda dengan urang-aring. Semua itu berkat kemampuan urang-aring dalam menghitamkan dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Demikian khasiat-khasiat urang-aring untuk rambut dan kulit kepala.

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *