Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD/MI Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 75 76 78 79 80 82 Subtema 2 Pembelajaran 4. Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD halaman 75 76 78 79 80 82 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 edisi revisi 2018 mengusung judul Globalisasi, sementara Subtema 2 berjudul Globalisasi dan Manfaatnya .

Ayo Membaca Bacalah teks berikut. Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?

Apa manfaat globalisasi bagi manusia di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia. Namun perlu pula kita waspadai. Globalisasi dapat memengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri. Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia, anak anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru cara berpakaian muda mudi Korea. Apakah sesuai dengan nilai nilai dalam budaya Indonesia? Belum tentu!

Pengaruh positif akibat globalisasi tentu akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi. Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut. 1. Apa saja dampak positif dari globalisasi?

Mudah menemukan makanan atau barang dari luar negeri serta mengetahui berita dari luar negeri. Mudah memasarkan produk lokal ke mancanegara. 2. Apa saja dampak negatif dari globalisasi?

Budaya negatif dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia dengan mudah sehingga dapat melunturkan budaya bangsa sendiri. 3. Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa? Mudah mengetahui bahkan mencontoh budaya dari luar yang sebenarnya tidak cocok dengan budaya bangsa.

4. Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita? Karena globalisasi dapat memperdaya kita jika tidak memiliki benteng untuk menghindari pengaruh negatifnya. 5. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?

Memanfaatkan pengaruh positif dengan sebaik mungkin dan menjauhi pengaruh negatif sebisa mungkin. 6. Gambarkan secara visual salah satu dampak dari globalisasi. Sesuai gambar visual yang dibuat peserta didik.

*** Ikuti langkah langkah kegiatan sebagai berikut. Masukkan pasir ke dalam Bangun 1 hingga penuh.

Masukkan pasir ke dalam Bangun 2 hingga penuh. Pindahkan pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 ke dalam Bangun 3. Apakah semua pasir dari Bangun 1 dan Bangun 2 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 3? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 3? Jelaskan.

Ya, semua pasir masuk ke Bangun 3 tanpa sisa karena jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2 sama dengan volume Bangun 3. *** Lakukan sebaliknya. Pindahkan pasir dari bangun 3 ke bangun 1 dan 2. Apakah semua pasir dari Bangun 3 dapat mengisi ruang di dalam Bangun 1 dan 2? Apakah terdapat sisa pasir yang tidak dapat masuk ke dalam Bangun 1 dan 2? Jelaskan.

Ya, semua pasir masuk ke dalam Bangun 1 dan 2 tanpa sisa karena volume Bangun 3 sama dengan jumlah volume Bangun 1 dengan Bangun 2. *** Jika kamu perhatikan dengan saksama, Bangun 3 dibuat dengan menggabungkan Bangun 1 dan Bangun 2 (digabungkan pada sisi FGCB Bangun 1 dan sisi EHDA Bangun 2).

Berdasarkan kegiatan yang kamu lakukan tadi, bagaimana hubungan antara volume 1, 2, dan 3? Bangun 1 = Bangun 2 = ½ x Bangun 3 Bangun 3 = 2 x Bangun 1 = 2 x Bangun 2 ***

Mari kita buktikan hubungan volume antara Bangun 1, Bangun 2, dan Bangun 3 dengan menghitungnya. Hitunglah volume Bangun 1. 63 = 216 cm3

*** Hitunglah volume Bangun 2. 63 = 216 cm3

*** Hitunglah volume Bangun 3. 12 x 6 x 6 = 432 cm3

*** Apa hubungan antara volume ketiga bangun tersebut? VB1 = VB2 = ½ VB3 VB3 = 2 VB1 = 2 VB2

*** Ayo Berdiskusi Masih ingatkan kamu dengan cerita Mang Samad pada pembelajaran 2? Diskusikan kembali pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut.

1. Apa dampak yang dari usaha Mang Samad bagi warga di sekitar? Kemajuan usaha Mang Samad mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di lingkungannya. 2. Mengapa usaha Mang Samad meningkatkan perekonomian warga?

Karena hasil dari usaha Mang Samad juga dirasakan oleh warga di lingkungannya 3. Apa dampak dari yang dilakukan Mang Samad terhadap Indonesia? Mengharumkan nama Indonesia dan ikut memajukan perekonomian bangsa.

4. Mengapa usaha Mang Samad memperkuat perekonomian bangsa? Jelaskan. Karena dari usaha Mang Samad itu, membuat ekonomi warga di lingkungannya meningkat. Selain itu, kegiatan ekspor dari usaha Mang Samad juga akan menyumbang pemasukan devisa negara. 5. Mengapa usaha Mang Samad bisa mengharumkan nama Indonesia?

Karena produknya asli Indonesia, mampu menembus pasar mancanegara. Hal ini akan membuat nama Indonesia semakin dikenal. 6. Sikap berbagi apa yang bisa kita contoh dari Mang Samad?

Memberi kesempatan kepada orang sekitar agar dapat ikut merasakan hasil yang kita raih. *** Pada saat kita berhasil dari sisi perokonomian, kita juga membantu banyak orang untuk meningkatkan perekomoniannya sekaligus akan memperkuat perekonomian bangsa.

Bagaimana dengan kamu? Sikap apa yang bisa kamu contoh dari Mang Samad yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari? Buatlah rencanamu. Sikap: Kerja keras Aplikasi dalam kehidupan sehari hari: Belajar dengan rajin dan sungguh sungguh Sikap: Tidak gampang puas dan selalu berinovasi Aplikasi dalam kehidupan sehari hari: Meski sudah berprestasi, tetap rajib belajar

Sikap: Pandai memanfaatkan peluang Aplikasi dalam kehidupan sehari hari: Mengikuti lomba yang diadakan sekolah maupun luar sekolah Sikap: Memberi manfaat untuk orang sekitar Aplikasi dalam kehidupan sehari hari: Membantu teman yang kesusahan ***

Apa yang telah kamu pelajari hari ini? Apa sikap yang sudah kamu lakukan menghadapi globalisasi? Adakah pengaruh postif yang kamu rasakan? Adakah pengaruh negatif yang kamu rasakan? Sampaikan kepada orang tuamu tentang pengaruh dari globalisasi. Mintalah pendapatnya supaya kamu tidak terpengaruh ke hal negatif. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.