Obat Termahal di Dunia Seharga 2,1 Juta Dolar akan Digunakan di Jepang

Obat paling mahal di dunia buatan Novartis, dengan nama Zolgensma, telah disetujui untuk digunakan di Jepang. Harganya sekitar 2,1 juta dolar AS. Zolgensma, yang digunakan untuk mengobati Spinal Muscolar Atrophy (SMA) atau atrofi otot tulang belakang, menelan biaya 2,1 juta dolar AS per perawatan di Amerika Serikat. Obat ini telah disetujui untuk digunakan oleh pemerintah Jepang dan diskusi mengenai harga masih terus dilakukan Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang.

Seorang dokter di Tokyo, Kayoko Saito dari Genom Center RS Medis Wanita mengungkapkan dukungannya untuk obat tersebut. "Daripada menggunakan obat yang berkali kali dan akhirnya perlu pengeluaran sekitar 200 juta yen juga, mungkin bagus juga menggunakan obat tersebut (Zolgensa) yang sekali disuntikkan bisa menyembuhkan penyakit pasien," kata dia, Kamis (27/2/2020) di TV Tokyo. Dan kini diperhitungkan berapa obat tersebut akan dinilai, dan bisa diterapkan untuk yang memiliki penghasilan sedikitnya 5 juta yen setahun dan pembayaran asuransi sekali pakai 10.000 yen, sisa pembayaran ditanggung asuransi Jepang.

Saat ini baru sekitar 20 orang di dunia menggunakan obat tersebut. Info lengkap dan diskusi Jepang bisa bergabung ke WAG Pecinta Jepang kirimkan email nama lengkap dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *