Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menilai Marc Marquez (Repsol Honda) tidak akan mengulangi catatan impresif pada MotoGP 2020. Pebalap yang digadang jadi saingan terberat Baby Alien musim ini tersebut yakin peforma Marquez tak akan lebih bagus dari musim lalu. Meski begitu, nyatanya Marc Marquez masih menjadi pebalap favorit pada MotoGP 2020.

Penampilannya Marc Marquez pada musim lalu memang sangat luar biasa. Marc Marquez nyaris tidak pernah absen untuk berdiri di atas podium setelah balapan. Sepanjang perhelatan MotoGP 2019, Marquez mengemas 18 hasil podium dengan 12 kemenangan dari 19 balapan musim itu.

Catatan Marquez tersebut terasa semakin menakjubkan lantaran dirinya tak pernah finis di luar posisi dua besar. Satu satunya kegagalan Marquez terjadi pada MotoGP Americas. Itupun Marquez gagal finis karena motornya mengalami masalah teknis ketika dia sedang memimpin. Di sisi lain, dominasi yang sudah dibukukan oleh Marc Marquez itu mengundang rasa penasaran Fabio Quartararo.

Suksesor Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha pada 2021 pesimistis Marquez bisa tampil sehebat musim lalu. "Saya rasa Marc Marquez mengalami musim yang luar biasa pada 2019 dan saya tidak berpikir dia bisa mengulanginya," kata Fabio Quartararo, dilansir BolaSport.com dari GPOne . "Musim lalu dia selalu finis di urutan pertama atau kedua, kalau dia berhasil melakukannya lagi berarti ada sesuatu yang benar benar salah," imbuhnya sambil tertawa.

Pebalap yang menggusur posisi Valentino Rossi dari tim utama di Yamaha itu yakin dirinya akan menjadi salah satu pembalap yang bisa memutus dominasi Marc Marquez di MotoGP. Pada musim lalu, pembalap berjuluk El Diablo itu beberapa mampu menempel ketat Marquez, bahkan hampir menang di San Marino dan Thailand. "Dengan lebih banyak pengalaman seharusnya lebih mudah bagi saya untuk mengalahkan Marc Marquez," tutur rider asal Prancis itu.

"Saya juga melakukan banyak kesalahan musim lalu, di Sachsenring dan Silverstone saya terjatuh di lap pertama dan sekarang saya tidak boleh mengulanginya lagi," ucap Quartararo. "Itu normal, Anda harus mengumpulkan seluruh pengalaman ini untuk membuat kemajuan," tandasnya. Fabio Quartararo serta para pembalap MotoGP lainnya akan beraksi pada balapan perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli.