Tips Pilih Susu Anak buat Daya Tahan Tubuhnya saat Pandemi

Anak butuh kekebalan tubuh lebih kuat agar tidak gampang sakit di masa pandemi. Resep memperoleh daya tahan tubuh yang baik adalah dengan menjaga kesehatan pencernaan. Maka itu, Bunda disarankan memilih yang dapat menghindarkan gangguan pencernaan pada Si Kecil. Mengapa sistem imun Si Kecil begitu bergantung terhadap kesehatan saluran pencernaannya? Melansir Healthline, sistem pencernaan membentuk 70 persen sel‐sel imunitas tubuh dan dapat mempengaruhi kualitas kesehatan anak secara menyeluruh. Tak hanya itu, sistem pencernaan yang sehat juga meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi lebih optimal, sehingga Si Kecil dapat menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tak heran bila saluran pencernaan kerap disebut sebagai “otak kedua” manusia. Di dalamnya, terdapat miliaran bakteri baik yang merangsang sistem kekebalan tubuh.

Bakteri baik ini harus dipertahankan karena dialah yang memegang peranan dalam kesehatan usus dan juga imunitas tubuh. Kalau jumlah bakteri baik ini sedikit, maka Si Kecil akan gampang sakit. Penting bagi anak untuk mengonsumsi nutrisi dengan kandungan probiotik, sang bakteri baik! Dari sekian banyaknya susu anak, Bunda dapat memilih susu yang mengandung bakteri baik atau probiotik agar jumlahnya semakin banyak dan seimbang di dalam saluran cerna anak. Ada dua jenis probiotik yang acap ditambahkan pada susu anak, yaitu laktobasilus dan bifidobakterium. Meskipun begitu, studi yang diterbitkan American Society for Microbiology (2008) menyebutkan bahwa jumlah bifidobakterium lebih dominan pada usus anak. Jenis probiotik ini terkandung hingga 90 persen dari total bakteri usus anak.

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengungkapkan bakteri baik bisa diberikan melalui susu yang mengandung probiotik. “Saat ini penggunaan probiotik bifidobakterium pada anak tidak sebatas hanya untuk pengobatan atau gangguan saluran cerna, tetapi dianjurkan untuk penggunaan sehari hari untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan menghindarkan anak dari gangguan pencernaan serta membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh,” lanjut dr. Muliaman. Berdasarkan sejumlah penelitian, dr. Muliaman menuturkan peran bifidobakterium dapat memperkuat daya tahan tubuh anak, terutama mencegah infeksi dan gangguan pencernaan seperti diare, kolik, dan konstipasi, pencegahan dan pengurangan gejala alergi, serta pencegahan infeksi saluran pernapasan akut karena bakteri dan virus.

Dr. Muliaman pun mengatakan, salah satu pusat penelitian probiotik dunia, Morinaga Research Centre Jepang, sudah lama melakukan penelitian probiotik bifidobakterium, khususnya human residential bifidobacterium (HRB) yang spesifik hidup pada manusia terutama bayi dan anak. Ada tiga jenis probiotik yang sudah diteliti, yaitu BB536, M 16V dan M 63, yang kemudian dikenal dengan istilah . “Hasil uji klinis keamanan dan manfaat triple bifidus ini telah terbukti meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi saluran pernapasan, mengurangi infeksi dan gangguan saluran cerna seperti kolik, sembelit dan diare, serta mencegah risiko alergi (rinitis alergi, dermatitis atopik dan alergi kulit lain),” jelas dr. Muliaman.

Selain itu, disarankan memilih susu yang juga mengandung prebiotik seperti GOS galaktooligosakarida. Prebiotik GOS membantu merangsang jumlah bakteri baik di saluran cerna. Dengan kata lain, prebiotik GOS adalah “makanan” yang menunjang pertumbuhan probiotik atau bakteri baik. Salah satu yang mengandung probiotik triple bifidus (bifidobacterium breve M 16V, bifidobacterium longum BB536 dan bifidobacterium infantis M 63) dan nutrisi penting lainnya adalah . Juga diperkaya dengan prebiotik GOS yang dapat meningkatkan jumlah probiotik bifidobakterium dalam usus.

Tak hanya itu, juga dilengkapi dengan protein, vitamin A, D, E, K, dan B, zinc, dan magnesium yang membantu meningkatkan kerja imunitas anak. Ada juga kandungan AA, DHA, omega 3 dan 6, fosfolipid dan zat besi untuk perkembangan otak Si Kecil. Meski Bunda belum tahu kapan pandemi akan berakhir, tapi Bunda harus tahu cara agar Si Kecil tetap sehat. Yuk, selalu ajarkan anak 3M, ajak ia giat beraktivitas fisik, jaga nutrisi seimbang, dan berikan ia susu anak yang dapat menyehatkan sistem pencernaannya. Saluran cerna sehat, imun tubuh kuat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *