5 Manfaat Sholat Lima Waktu Bagi Kesehatan

5 Manfaat Sholat Lima Waktu Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat sholat 5 waktu. Namun masih banyak yang belum mengetahuinya sehingga tak jarang umat Islam belum menjalankannya. Padahal sholat adalah salah satu rukun Islam yang harus dijalankan seluruh umat Islam.

Sholat mampu mengingatkan kita akan akhirat di saat tengah sibuk dengan urusan duniawi. Selain itu, sholat juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Terutama bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Lantas apa saja manfaat sholat 5 waktu bagi kehidupan sehari-hari?

Melansir dari berbagai sumber, simak ulasan informasinya berikut ini.

Tingkatkan Sirkulasi Darah

Melansir dari Islam Finder, manfaat sholat 5 waktu yang pertama adalah mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini berkaitan dengan gerakan sholat yang dilakukan oleh seluruh umat Islam.

Posisi dan gerakan yang berbeda selama sholat rupanya mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Tahukah kalian, tak sedikit orang yang memiliki banyak masalah mengenai tekanan darah. Di mana sering ditemukan aliran darah mereka terlalu tinggi ataupun rendah di wilayah tertentu dalam tubuh.

Gerakan sholat inilah yang akan membantu mengatur aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Misalnya pada posisi ruku, aliran darah diatur di tubuh bagian atas. Sedangkan saat tashahhud, aliran darah diatur di tubuh bagian bawah.

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat sholat 5 waktu yang kedua yakni mampu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Ini juga terkait dengan gerakan yang dilakukan selama menjalankan ibadah sholat. Menurut penelitian ilmiah dijelaskan misalnya selama keadaan Quud, postur tubuh yang dilakukan memungkinkan dan memfasilitasi pencernaan.

Pada dasarnya posisi Quud yakni saat pria duduk dengan satu kaki meringkuk di bawah mereka. Sementara wanita, duduk dengan kedua kaki di bawah mereka.

Posisi ini ternyata mampu meningkatkan fungsi hati dan melemaskan usus. Di mana nantinya juga akan memfasilitasi pergerakan usus di dalam tubuh. Selain itu, sholat juga bisa membantu meringankan penyakit sembelit dan makan berlebihan.

Bantu Kesehatan Jantung

Manfaat sholat 5 waktu yang ketiga adalah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini berkaitan dengan gerakan sholat di mana juga mempengaruhi aliran darah dalam tubuh. Sholat 5 waktu juga merupakan bentuk olahraga dan mampu meningkatkan metabolisme seseorang.

Jika sudah begitu, pada dasarnya mampu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Setiap sholat yang dijalani serupa dengan olahraga ini juga akan meningkat fungsi organ secara keseluruhan. Tak hanya itu, sholat 5 waktu mampu membantu mengatur sekresi kelenjar dan aliran dalam tubuh.

Redakan Sakit Punggung dan Nyeri Sendi

Manfaat sholat 5 waktu yang selanjutnya yakni mampu meredakan sakit punggung dan nyeri sendi. Tahukah kalian, posisi sholat saat sujud dan ruku bisa membuka serta meringankan persendian. Penggunaan sendiri secara teratur akan membuatnya menjadi tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Tak hanya itu, posisi ruku rupanya mampu mengurangi rasa sakit di punggung bawah. Dengan merelaksasikan otot dan ligamen yang mirip dengan gerakan yoga. Ini juga akan membantu meringankan rasa sakit di sumsum tulang belakang dan sendi pinggul.

Melalui relaksasi tulang belakang, penyakit tulang belakang dan sakit punggung mampu dihindari. Bukan hanya itu saja, sholat 5 waktu juga bermanfaat untuk melemaskan sendi bahu, siku, lutut, pinggul dan pergelangan kaki secara keseluruhan.

Mengurangi Stres

Melansir dari Science Proves Prayer, manfaat sholat 5 waktu salah satunya yaitu mampu membantu mengurangi stres. Ilmu pengetahuan membuktikan, sholat merupakan salah satu terapi psikologis. Di mana dapat membantu menenangkan jiwa serta meredakan segala ketegangan yang ada.

Hal ini lantaran seseorang akan merasa masalahnya begitu kecil di mata Allah SWT. Mengingat, setiap umat Islam sholat akan mengesampingkan segala kekhawatiran yang dirasakannya. Terutama saat tengah berbicara dengan Allah SWT.

Sains juga membuktikan jika hal tersebut benar. Karena saat tubuh seseorang mengalami stres, maka biasanya mereka akan duduk sembari menenangkan diri. Begitu pula dengan sholat, di mana dapat memberikan ketenangan pada diri manusia.

Selain itu, sholat dapat memperluas konsentrasi pada diri seseorang. Sholat 5 waktu mampu menimbulkan perasaan rendah hati dan ketakwaan yang penting bagi jiwa manusia. Untuk itu, sholat memberikan kegembiraan dan ketenangan bagi yang menjalankannya.

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *