5 Tips Untuk Fresh Graduate saat Mempromosikan Diri Melamar Pekerjaan

Cara mempromosikan diri perlu diketahui oleh para pelamar kerja. Salah satu tahapan sebelum masuk ke dunia kerja yaitu interview. Saat proses interview, pelamar kerap kali diminta untuk mempromosikan diri.

Beberapa pelamar yang tak mempersiapkan diri tentu akan merasa gugup saat diminta mempromosikan diri. Padahal, promosi diri sangat lah penting dilakukan agar interviewer tertarik.

Oleh sebab itu, sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin sebelum interview kerja. Terlebih jika Anda seorang fresh graduate. Maka, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar interviewer tertarik.

Berikut ini cara mempromosikan diri saat interview kerja dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kenakan Pakaian yang Rapi dan Sopan

Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan sudah seharusnya dilakukan saat interview kerja. Kesan pertama yang dilihat yaitu cara berpakaian Anda.

Pakaian yang rapi dan sopan tentu akan membuat Anda lebih percaya diri. Bagi pria, Anda dapat mengenakan kemeja panjang berwarna cerah dan celana kain hitam. Sedangkan untuk wanita, Anda dapat mengenakan blazer berwarna hitam yang dilapisi pakaian lengan panjang warna cerah, serta rok atau celana hitam.

2.Memperhatikan Pilihan Kata dan Bahasa Tubuh yang Digunakan

Cara mempromosikan diri selanjutnya yaitu memperhatikan kata dan bahasa tubuh yang digunakan. Bahasa tubuh kerap kali dinilai oleh para interviewer. Hal ini karena dari bahasa tubuh, terlihat keraguan maupun kurangnya percaya diri pelamar kerja.

Tak hanya bahasa tubuh, Anda juga perlu memperhatikan pilihan kata yang digunakan. Jangan sampai Anda memilih kata yang kurang sopan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya cobalah latihan di depan cermin atau kamera terlebih dahulu.

3.Tunjukan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah hal yang sangat penting saat interview kerja. Bercerita lah tentang diri Anda dengan penuh keyakinan namun tetap rendah hati dan menjadi diri sendiri.

Jika Anda kerap gugup saat berbicara dengan orang baru, sebaiknya persiapkan mental terlebih dahulu. Selain itu, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang Anda lamar.

4.Perlihatkan Kelebihan yang Dimiliki

Salah satu cara mempromosikan diri saat interview kerja yaitu dengan memperlihatkan kelebihan yang dimiliki. Saat interview berlangsung, jangan ragu untuk menunjukkan kelebihan yang Anda miliki.

Tunjukkan kelebihan Anda dengan bahasa yang santun dan tidak terkesan pamer. Selain itu, tunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan yang dicari oleh perusahaan.

5. Selalu Ramah, Bersemangat dan Menyenangkan

Saat interview berlangsung, tunjukkan bahwa Anda pribadi yang selalu ramah, bersemangat dan menyenangkan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Perusahaan biasanya menyukai pekerja yang memiliki sifat ramah, bersemangat, dan menyenangkan. Jangan lupa untuk tersenyum saat datang dan meninggalkan ruangan interview.

Selain itu, pastikan Anda menjawab setiap pertanyaan dari interviewer dengan bersemangat dan penuh keyakinan. Jangan pernah melipat tangan di dada saat interview sedang berlangsung. Hal tersebut akan membuat Anda terkesan sebagai orang yang kaku. Tetap rileks dan ekspresikan jawaban-jawaban dengan gesture yang tak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *