9 Triliun Dolar AS Belum Disetujui Jadi Sentimen Negatif  Stimulus Lanjutan 1

9 Triliun Dolar AS Belum Disetujui Jadi Sentimen Negatif  Stimulus Lanjutan 1

Pelaku pasar awalnya berharap awal Februari 2021 stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) yang diusulkan Presiden Joe Biden sudah dapat disetujui. Tetapi, saat ini Joe Biden mengatakan terbuka untuk menyusun ulang proposal bantuan Covid 19 senilai 1,9 triliun dolar AS karena pemerintah mengejar kesepakatan bipartisan. "Memang ada peluang menempuh jalur khusus dengan pengambilan suara dan mengandalkan suara Partai Demokrat," ujar pengamat pasar modal Hans Kwee, Minggu (31/1/2021).

Hana menjelaskan, politisi dari Partai Republik dari awal telah menolak jumlah stimulus fiskal usulan Biden karena menilainya terlalu besar dan terlalu cepat setelah paket senilai 900 miliar dolar AS bulan lalu. "Dikabarkan beberapa anggota parlemen Partai Demokrat ikut mempertanyakan dasar dari besaran yang diajukan," katanya. Menurut dia, hal tersebut membuat potensi tertundanya paket stimulus fiskal Biden empat sampai enam pekan ke depan.

"Ini menjadi satu sentimen negatif di pasar. Perkembangan stimulus fiskal akan sangat dicermati pelaku pasar," pungkas Hans.

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *