Ajak Tepuk Tangan Serentak Selama 56 Detik Sejarah Hari Kesehatan Nasional & Makna Logo HKN ke-56

Ajak Tepuk Tangan Serentak Selama 56 Detik Sejarah Hari Kesehatan Nasional & Makna Logo HKN ke-56

Berikut ini sejarah dan makna logo peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56. Hari Kesehatan Nasional (HKN) jatuh pada hari ini, Kamis (12/11/2020). Dikutip dari , tahun ini merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 dan mengusung tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat" dengan sub tema "Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid 19".

Selain itu, Kementerian Kesehatan RI mengusung gerakan tepuk tangan serentak bersama selama 56 detik dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional 2020. "Satukan tekad menuju Indonesia Sehat. Dengan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita berjuang bersama dan masih terus berjuang.

Kini saatnya kita satukan tekad dan semangat untuk Indonesia sehat, berikan tepuk tangan kita untuk seluruh pejuang Covid 19, untuk kita semua. Ayo tepuk tangan serentak bersama pada 12 November 2020 jam 12.00 wib selama 56 detik," tulis akun Instagram @KemenkesRI. Hingga kini, tagar #gerakan56detik masuk ke daftar terpopuler Twitter, Kamis (12/11/2020).

Dikutip dari , pada era tahun '50 an, penyakit malaria merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat indonesia. Ratusan ribu jiwa terenggut akibat malaria, dan karena itulah pemerintah berupaya melakukan pemberantasan malaria atau malaria eradication di seluruh penjuru Tanah Air. Untuk mencapai hal tersebut, pada 1959 dibentuklah Dinas Pembasmian Malaria yang di bulan Januari 1963 berubah menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM).

Pembasmian malaria tersebut dilakukan menggunakan insektisida Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara massal ke rumah rumah di seluruh Jawa, Bali, dan Lampung. Penyemprotan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Soekarno pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Selanjutnya, kegiatan penyemprotan DDT juga dibarengi kegiatan pendidikan kesehatan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Lima tahun kemudian, lebih kurang 63 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Setelah itu, pada 12 November 1964, keberhasilan pemberantasan malaria tersebut diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama. Visual berbentuk angka 56 merupakan bentuk peringatan 56 Tahun Hari Kesehatan Nasional tahun 2020.

Logo tersebut menggambarkan kebersamaan dan saling bergenggaman, ini mengingatkan derajat kesehatan masyarakat akan terwujud apabila seluruh komponen turut berperan serta dalam upaya kesehatan. Kemudian, garis hitam menggambarkan kebersamaan, saling bergenggaman untuk kesehatan yang akan pulih. Selanjutnya ada tiga lingkaran yang mengingatkan pada tiga kampanye nasional, yakni:

1. Ayo pakai masker 2. Ayo menjaga jarak, hindari kerumunan 3. Ayo rajin cuci tangan pakai sabun

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *