Alasan Kenapa Bayi dalam kandungan Lebih Aktif Menendang Saat Ibu Hamil Tidur Miring ke Kiri

Ibu hamil dengan usia kandungantujuh sampai semibilan bulan disarankan untuk banyak istirahat. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana (BKKBN) yang juga dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo SP.OG (K) menyarankan ibu hamil tua saat berbaring miring ke kiri daripada ke kanan. Alasannya, ada pembuluh darah yang besar di bagian perut kanan, sehingga kalau tidur miring ke kanan anak berisiko tertindih pembuluh darah tersebut.

"Jadi tidurnya ke kiri supaya bayi tidak tertindih pembuluh besar yang ada di perut bagian kanan, supaya anaknya tidak tercekik pembuluh darah," ungkap Hasto saat webinar siap nikah beberapa waktu lalu. Adanya pembuluh darah yang besar di perut kanan ini jugalah yang membuat janin lebih banyak bergerak saat ibu tidur miring ke kiri. Saat tidur miring ke kiri dan bayi aktif bergerak Hasto mengingatkan agar ibu jangan beranggapan itu adalah ungkapan bayi yang tersiksa karena tertekan.

Bayi yang banyak gerak di perut kiri menandakan ia merasa bebas bergerak bahkan bayi yang aktif bergerak di dalam perut baik untuk perkembangan kehamilan. "Jangan ngerasa kok pas miring kiri bayinya gerak terus ketekan kali ya, bukan, tapi dia itu senang karena kalau miring ke kanan malah yang tertekan. Bayi banyak gerak itu bagus," pungkas Hasto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *