Cara Membuat Bubur Anti Lengket Lengkap dengan Tips Agar Bubur Beraroma Harum

Cara Membuat Bubur Anti Lengket Lengkap dengan Tips Agar Bubur Beraroma Harum

Berikut ini cara membuat bubur nasi anti lengket, dan tips agar bubur beraroma harum. Memasak bubur mungkin terdengar tidak sulit bagi sebagian orang. Namun, memasak bubur dengan cara yang tidak benar justru akan menghasilkan citarasa yang buruk.

Tak hanya itu, pengolahan yang salah juga dapat merusak alat masak. Seringkali bubur menjadi gosong dan lengket di permukaan panci. Memang, kerak bubur nasi gosong pada panci bisa dibersihkan dengan digosok. Namun menggosok panci bisa menyebabkan panci baret baret.

Jangan khawatir, Executive Chef Grand Dafam Hotel Banjar Baru, Bambang Adi membeberkan lima tips membuat bubur nasi anti lengket dan beraroma harum. Yuk simak tips mudahnya! Pertama sebaiknya rendam beras selama beberapa saat.

Merendam beras bisa membantu mempercepat proses memasak bubur. Tak itu saja, nantinya beras juga akan lebih mudah lembut ketika dimasak. Kedua, langkah ini cukup krusial.

Beras yang sudah direndam tadi sebaiknya ditumis menggunakan minyak serta jahe dan bawang putih. “Kita kasih minyak, kasih jahe, kasih garlic chop, itu kita tumis. Baru kita kasih beras yang kita rendam tadi. Jadi (bubur) enggak lengket karena di situ sudah ada minyaknya,” kata Bambang. Gunakan minyak yang cukup agar seluruh beras terlapisi minyak.

Kemudian aduk rata dan tumis selama kurang lebih 5 menit. Kamu bisa menumisnya langsung di panci yang akan kamu gunakan untuk memasak bubur. “Nah kita sarankan yang stainless atau anti lengket, kalau enggak ada panci biasa juga enggak apa apa.”

Ketika menumis beras, kamu juga sebaiknya menggunakan jahe yang sudah digeprek dan bawang putih yang sudah dicincang. Penggunaan kedua bahan tersebut, kata Bambang, berfungsi untuk memberikan aroma harum pada bubur. “Supaya walaupun enggak dibumbui dia sudah ada baunya, wangi dari jahe dan bawang putih itu sendiri,” ujar Bambang.

Ketika menumis beras dengan minyak, gunakan api sedang. Jaga agar api tidak terlalu besar atau terlalu kecil agar panasnya merata. Setelah beras ditumis, masukkan air secukupnya ke dalam panci lalu mulai masak bubur.

Gunakan pula api sedang ketika mulai mengaduk bubur dengan air. Api yang tidak terlalu besar bisa mencegah bubur jadi gosong. Kemudian langkah yang juga cukup krusial adalah mengaduk bubur secara berkala.

Gunakan spatula kayu untuk mengaduk bubur dalam panci. “Biar enggak gosong pertama pengapiannya. Kedua, kita sering mengaduk." "Enggak sesering mungkin, tapi paling tidak 2 menit sekali atau 5 menit sekali. Karena kalau kita enggak aduk otomatis di bawahnya akan hangus,” pungkas Bambang.

(*/YNN)

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *