Cara Merawat Sepeda Anak Wimcycle

Cara Merawat Sepeda Anak Wimcycle

Bersepeda adalah hobi kekinian tahun 2020. Namun mengajari anak untuk bisa mengayuh pedal sepeda bukan hanya karena ikut-ikutan tren. Kemampuan untuk bersepeda adalah basic skill bagi manusia. Jika mahir menggowes, anak akan punya keseimbangan tubuh yang bagus dan otot kakinya lebih kuat. Oleh karena itu, belikan untuk buah hati tercinta, dan sepeda anak wimcycle adalah pilihan terbaik.

Selain mengajari anak olahraga bersepeda, beritahu juga cara merawatnya. Anak akan belajar bertanggung jawab akan benda miliknya. Ia juga tahu cara mencuci dan memompa ban sepeda sendiri.

Berikut ini Langkah Mencuci dan Merawat Sepeda Anak Wimcycle

Merawat sepeda sangat mudah, asal Anda telaten dalam membersihkannya. Anak diajak untuk membersihkan sepedanya dan membuatnya tetap kinclong, dengan cara-cara di bawah ini:

1. Cuci Sepeda Anak Minimal Seminggu Sekali

Ketika anak senang bersepeda, maka jangan biarkan kendaraan roda dua itu kotor apalagi berlumpur. Cuci sepeda setidaknya seminggu sekali, dengan sampo atau sabun pencuci piring. Bilas dengan air bersih lalu lap hingga benar-benar kering. Tujuannya agar tidak ada noda dan kotoran lain yang bisa membuat tampilan sepeda terlihat jelek.

Ketika sepeda anak wimcycle habis kehujanan, jangan dibiarkan begitu saja. Namun segera semprot dengan air bersih dan keringkan hingga tidak ada sisa air yang menempel di sadel dan bagian lain. Takutnya jika air hujan tidak segera dienyahkan, akan membuat sepeda kesayangan anak jadi berkarat.

2. Cek Ban Sepeda dan Pompa Secara Teratur

Periksa ban sepeda secara teratur, apalagi jika anak-anak menggunakannya setiap hari. Pastikan ban dalam keadaan baik. Ketika ban sepeda kurang udara, maka segera pompa. Jadi ketika Anda membeli sebuah sepeda untuk anak, beli sekalian pompanya. Takutnya jika ban kurang udara, sepeda yang digunakan anak bisa oleng dan membuatnya terjatuh.

Begitu juga ketika ban sepeda anak kempes karena tidak sengaja terkena paku. Segera ajak anak untuk pergi ke bengkel untuk menambalnya. Namun ketika ban terus-menerus kempes, maka lebih baik belikan yang baru, agar sepeda aman digunakan.

3. Periksa Rem Sepeda Anak Wimcycle

Jangan lupa untuk memeriksa bagian rem sepeda, karena onderdil ini sangat penting. Jika remnya blong, maka akan sangat bahaya untuk keselamatan anak. Ajari juga anak cara melihat rem sepeda berfungsi atau tidak. Ketika mengganti rem, maka ajak anak agar ia tahu seluk-beluk onderdil sepeda.

4. Beri Oli Secara Teratur

Beri oli pada sepeda anak wimcycle secara teratur, di bagian rantainya, minimal sebulan sekali. Sepeda akan bisa digunakan dengan lancar tanpa ada suara berisik dari rantai yang ternyata terlalu kering. Dengan begitu, sepeda Anda akan tetap awet karena selalu dirawat dengan telaten.

5. Simpan Sepeda di Tempat yang Teduh dan Aman dari Air

Jangan pernah lupa untuk memasukkan sepeda ke garasi atau bagian dalam rumah, ketika malam hari. Selain mengamankannya dari begal dan pencoleng, maka sepeda juga tidak akan basah kena air hujan. Selalu ingat untuk merawat sepeda dan menjauhkannya dari benda-benda yang bisa merusaknya, seperti lumpur dan air hujan.

Harga sepeda memang beragam, mulai dari yang murah sampai mahal. Namun bukan berarti anak tidak diajarkan cara untuk membersihkan dan merawatnya. Justru sejak kecil, ia harus tahu cara bersepeda sekaligus mencuci dan memperlakukannya dengan baik. Misalnya dengan menjauhkan sepeda dari air hujan, membersihkannya dengan teratur, dan mengecek ban serta remnya. Semua ini dilakukan agar ia bisa menghargai sepeda anak wimcycle yang Anda belikan.

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *