Mobil Sedan Melaju Kencang Terobos Masuk Masjidil Haram & Tabrak Gate 89 Video Viral

Sebuah mobil sedan terekam menerobos masuk ke dalam Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi pada Jumat (30/10/2020) malam. Video yang menunjukkan kejadian menegangkan itu pertama kali diunggah dalam media sosial Twitter @faisaledroos. "Seorang pengemudi menabrakkan mobilnya ke Pintu 89 Masjidil Haram di Mekah (Masjid al Haram) pada pukul 22:25 waktu Saudi.

Pengemudi itu ditangkap dan berdasarkan rekaman video yang diposting di media sosial, laporan media lokal, tidak ada korban jiwa," tulis Faisal yang diketahui sebagai jurnalis media online Middle East Eye. Dalam video berdurasi 24 detik itu terlihat sebuah mobil sedan berwarna putih melaju kencang. Mobil tersebut memasuki pelataran Masjidil Haram kemudian menabrak pagar pembatas dan gate 89.

Diberitakan surat kabar Arab Saudi Okaz , tidak ada warga yang terluka atau tewas dalam kecelakaan itu. Buntut dari kejadian ini, pengemudi yang merupakan warga Arab Saudi ditangkap dan diinterogasi. Melansir dari Middle East Eye , saluran televisi yang dikelola pemerintah Arab Saudi, Saudi Qur'an , terus menyiarkan video langsung dari dalam masjid selama dan setelah insiden tersebut.

Masjidil Haram dibuka kembali bulan ini setelah tujuh bulan ditutup akibat adanya pandemi Covid 19. Mulai Minggu (1/11/2020), pemerintah Arab Saudi mulai mengizinkan beberapa orang asing untuk melakukan ibadah umrah. Jemaah diwajibkan tetap memakai masker selama berada di dalam masjid.

Otoritas setempat mengatakannya sebagai tindakan pencegahan. "Para warga sudah melaksanakan shalat Subuh di Masjidil Haram ini karena (pihak berwenang) mulai melaksanakan tahap kedua dari dimulainya kembali umrah secara bertahap," lapor kantor berita pemerintah Saudi Press Agency. Selain itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mewajibkan karantina selama tiga hari begitu jemaah internasional tiba di Arab Saudi, diwartakan Saudi Gazette.

Karantina nantinya bisa dilakukan di hotel atau apartemen di Mekkah. Kamar hotel pun hanya diperbolehkan dipakai maksimal dua orang tamu per kamar. Setelah selesai karantina tiga hari, jemaah umrah diperbolehkan memulai rangkaian ibadah umrah.

Nantinya akan ada kendaraan khusus untuk mengangkut jemaah yang akan menuju miqat (batas dimulainya ibadah haji atau umrah). Untuk jemaah umrah yang datang dari Madinah, miqat biasanya dilakukan di Masjid Dzulhulaifah atau yang juga dikenal dengan Masjid Miqat atau Abyar 'Ali. Dari sanalah, jemaah umrah mulai diperbolehkan mengucapkan niat umrah dan memakai pakaian ihram.

Sementara itu, untuk mengetahui jadwal umrah, jemaah diwajibkan mengunduh aplikasi Eatmarna. Nantinya, jadwal ibadah untuk kelompok umrah disampaikan lewat aplikasi itu. Jemaah wajib mengikuti jadwal yang tertera dalam aplikasi Eatmarna.

Kendati demikian, otoritas Arab Saudi belum mengumumkan negara mana saja yang sudah boleh mengirim jemaahnya untuk ibadah umrah. Weqaya akan memantau situasi pandemi Covid 19 di negara tersebut, lalu memberi tahu persyaratan khusus bagi negara tersebut bila ingin memberangkatkan jemaahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *