Diperkirakan Usianya 1.000 Tahun Warga Tiongkok Temukan Terowongan dalam Rumah

Seorang pria menggali terowongan di dalam rumahnya dan menemukan rahasia tak terduga dan mengejutkan banyak orang. Di sebuah desa di Luoyang, Henan, China, terdapat sebuah sistem terowongan kusut seperti labirin. Belakangan diketahui terowongan itu menghubungkan seluruh rumah di desa.

Jia Pengju (75) tak sengaja menemukan sebuah terowongan di rumahnya, yang ditutupi bebatuan dan rumput. Dia pun memutuskan untuk memperbesar terowongan lama untuk memberikan keluarga tempat berlindung di saat darurat. Tuan Jia meminta pada putrinya untuk tidak memberitahu orang lain jika rumahnya memiliki terowongan.

Namun, ketika Jia dan putranya mulai menggali lebih dalam, mereka terkejut bukan main. Mereka menemukan terowongan mereka terhubung ke terowongan rumah warga lain di desa. Arkeolog langsung mendatangi desa tersebut, dan mengatakan bahwa sistem terowongan itu dibangun pada Dinasti Song di China (960 1279).

Karenanya terowongan ini sangat berkelok, kompleks dan terhubung ke setiap rumah di desa. "Desa kami, selama dinasti Ming dan Qing relatif kaya. Awalnya saya pikir sistem terowongan ini didesain oleh keluarga kaya di desa selama dinasti Ming dan Qing, untuk mencegah perampokan.

Tapi tak terduga, itu dibangun pada dinasti Song," kata Jia. Di dalam terowongan, setiap beberapa meter terdapat ceruk kecil yang dicungkil, cukup untuk seseorang bersembunyi. Di sudut, hanya satu orang yang bisa lewat.

Melansir Departemen Monumen dan Kebudayaan, terowongan yang ditemukan Jia berumur setidaknya 1000 tahun. Ini mungkin sebuah sistem perlindungan, untuk menyimpan makanan untuk orang orang di desa selama masa perang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *