Simak kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI Subtema 2 Pembelajaran 1 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 61 62 63 64 65 66 67 68. Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 edisi revisi 2018 mengusung judul Tokoh dan Penemuan , sementara Subtema 2 berjudul Penemu dan Manfaatnya . Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban dalam pembelajaran 1 di halaman 61 69.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD halaman 61 62 63 64 65 66 67 68 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti! Peserta didik membaca teks eksplanasi ilmiah berjudul 'Si Kotak Ajaib' yang ada di halaman 61.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut! Paragraf 1: Topik Masalah John Logie Baird sang penemu televisi

Paragraf 2: Deret Penjelas Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera.

Objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna. Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia. ***

Perhatikan penggalan penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut. Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya. 1. penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya

2. di depan para bapak bapak dan ibu ibu 3. lalu televisi kemudian terus berkembang Kalimat tersebut akan didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

*** Ayo Berdiskusi Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh.

Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya. Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut? Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut: *** Ayo Mengamati

Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah. Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu! Menonton televisi secukupnya saja

Ketika waktu belajar, pastikan televisi sudah dimatikan Menonton televisi dengan meminta bimbingan orang tua Menghindari tayangan yang tidak sesuai dengan moral seorang pelajar

*** Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana Rangkaian Paralel

Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Gambar rancangan lampu paralel sederhana

Sesuai dengan rangkaian yang direncanakan peserta didik *** Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!

Laporan Kegiatan Percobaan Nama Percobaan: Merangkai Lampu Paralel Sederhana

Tujuan Percobaan : Mengenal rangkaian lampu paralel sederhana Alat alat :

Alat : Tang, pensil/spidol, gunting, dan cutter Bahan : Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi. Langkah Kerja :

1. Menentukan titik letak masing masing komponen dengan cara menandai triplek dengan pensil/spidol. 2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu ke papan sesuai titik yang telah ditentukan. 3. Kupas ujung kabel dengan cutter secara hati hati, lalu sambungkan ke terminal positif dudukan baterai.

4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar menggunakan gunting. Kemudian kupas ujung kabel tersebut. 5. Ambil kabel lain, lalu kupas ujungnya.

6. Sambungan kedua ujung kabel yang baru saja dikupas. 7. Hubungkan sambungan kabel tersebut ke terminal input saklar. 8. Sambungkan ke fitting lampu 1.

9. Kemudian sambungkan kabel tersebut ke termina input fitting lampu. 10. Kupas ujung kabel lagi, kemudian disambung ke terminal output saklar. 11. Sambungkan kabel tersebut ke terminal input fitting lampu 2.

12. Dari output fitting lampu 1, siapkan kabel untuk disambungkan ke output fitting lampu 2. 13. Sebelum menyambung fitting lampu 1 dengan fitting lampu 2, sambungkan output fitting lampu 1 dengan terminal negatif baterai. 14. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel.

15. Pasang lampu ke masing masing fitting. 16. Pasang baterai ke dudukan baterai. 17. Rangkaian selesai dibuat.

Kesimpulan : Pada rangkaian paralel, jika satu lampu dimatikan, lampu yang lain tetap menyala karena masing masing terhubung ke sumber listrik secara langsung. ***

Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi (bakat) yang berbeda beda. Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar dapat memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Bersama orang tuamu, amati penemuan sederhana yang ada di sekitar rumahmu dengan melengkapi tabel berikut.

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.