Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 3 SD Halaman 131 132 134 135 136 137 Tematik Subtema 3 Pembelajaran 2

Berikut adalah kunci jawaban Tematik Tema 5 Kelas 3 SD/MI Pembelajaran 2 Subtema 3 tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia halaman 131 132 134 135 136 137. Buku Tematik kelas 3 SD Tema 5 revisi 2018 berjudul Cuaca. Kemudian Subtema 3 Buku Tematik berjudul Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 2 di halaman 131 132 134 135 136 137. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 SD halaman 131 132 134 135 136 137 Subtema 3: Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia. Ayo Berdiskusi Dayu menceritakan banyak hal. Tak hanya bercerita tentang kondisi pengungsi. Komang juga bercerita keadaan kebun dan ladang petani. Kebun dan ladang mulai rusak. Terkena cuaca panas akibat abu vulkanik. Abu vulkanik ini berasal dari letusan gunung. Abu vulkanik membuat tanaman tidak bisa hidup. Siti mengajak teman teman berdiskusi. Tanaman apa yang tepat ditanam pada daerah dan musim tertentu. Diskusi dimulai dengan mendata asal daerah dengan tanaman khasnya.

Tabel Tanaman yang Tumbuh Subur di Daerah Asal Jawaban: Senang, ya, memiliki teman dari berbagai daerah. Kekayaan daerah juga memberikan kekayaan hayati bagi kita. Berbagai hasil bumi dari tiap daerah dapat kita nikmati.

Ayo Beraktivitas Hari makan bersama pun tiba. Setiap anak sudah membawa makanan khas daerahnya. Edo membawa makanan pokok berupa papeda. Siti membawa makanan pokok berupa nasi. Teman teman lain membawa lauk pauknya. Beni dari Manado membawa ikan dengan sambal dabu dabu. Dayu membawa sate lilit khas Bali. Lani membawa capcay masakan khas keluarganya.Mereka duduk membuat lingkaran. Makanan yang mereka bawa diletakkan di tengah. Makan bersama sungguh menyenangkan. Lakukan kegiatan ini bersama teman temanmu! Ayo Membaca

Acara makan bersama telah dilakukan. Beni meminta teman teman mendengarkannya. Ia akan membacakan surat yang dikirim oleh Udin. Udin sudah 3 hari tidak sekolah. Ia menjenguk neneknya yang sedang sakit. Isi Surat dari Udin ke Beni: Halo Beni, apa kabar? Aku sedang berada di Lembang, Bandung. Kami sekeluarga menjenguk nenek yang sedang sakit. Rumah nenek dikelilingi kebun sayur mayur yang luas. Beraneka jenis sayur ditanam warga di sana. Ada brokoli, tomat, cabai, dan sawi. Hanya saja beberapa hari ini, hujan turun sangat lebat. Banyak sayur yang tidak bisa dipanen. Kasihan para petani. Mereka mengalami gagal panen. Sudah dulu, ya, Beni. Aku akan segera kembali jika keadaan nenek membaik. Salam untuk teman teman di sekolah.

Ayo Mengamati Apa yang Udin ceritakan pada surat di atas? Hujan yang tak kunjung berhenti, bukan? Tahukah kamu dari mana asal hujan? Dan kemana perginya air hujan? Jawaban:

Udin bercerita bahwa Udin sedang menjenguk neneknya yang sakit di Lembang, Bandung. Udin bercerita bahwa di Lembang hujan lebat beberapa hari. Sehingga, para petani gagal panen. Hujan berasal dari awan yang telah mengalami proses kondensasi. Air hujan yang turun ada yang meresap ke dalam tanah, mengalir di sungai hingga laut.

Bagaimana hujan terjadi? Susunlah gambar sehingga menjadi urutan yang tepat! Jawaban: Tulislah proses terjadinya hujan. Gunakan kalimat efektif sehingga lebih mudah dipahami.

Jawaban: Proses terjadinya hujan diawali dari proses penguapan. Air yang ada di bumi menguap, kemudian menjadi uap air. Setelah itu uap air menjadi embun. Kumpulan dari titik titik embun berubah menjadi awan. Ketika awan sudah terkumpul dan tidak dapat menampung air, maka turunlah hujan. Menulis dapat membantumu memahami sesuatu. Hasil dari membaca akan makin mudah dipahami. Caranya dengan menuliskan informasi yang kita dapat dari bacaan. Rajin rajinlah menuliskan hasil bacaanmu. Menulislah dengan kalimat yang baik dan mudah dimengerti.

Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas. Sumber Buku: Kusmawati, Yun dkk. 2013. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Pengalamanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *