Banyak pramugari yang sampai saat ini masih melakukan perjalanan udara di tengah pandemi. Seperti seorang pramugari asal Salt Lake City, Kal Kamalani. Kamalani tak hanya melakukan penerbangan saja, dia dan kru kabin lainnya juga sampai menginap di hotel ketika pesawat mendarat.

Namun di tengah pandemi ini banyak orang masih saja khawatir untuk menjaga keamanan diri ketika naik pesawat serta menginap di hotel. Oleh sebab itu, Kamalani berinisiatif membagikan tips tetap aman di pesawat dan hotel lewat akun sosial media TikTok miliknya. Melalui akun bernama "Kat Kamalani" tersebut, Kamalani memberi tahu sejumlah rahasia pesawat yang perlu penumpang ketahui.

"Saya membuat video ini untuk membantu orang lain tetap bersih dan aman saat bepergian," ucap Kamalani. Dia melanjutkan, "Sejujurnya saya terkejut melihat sejumlah komentar di mana sebagian orang tidak peduli adanya kuman selama menginap di hotel. Jadi saya buatkan video ini untuk menginspirasi". 1. Apa pun yang akan kamu lakukan, jangan sesekali menyentuh jok belakang.

"Mereka memang membersihkannya ketika pergantian penerbangan, tapi mungkin tidak setiap saat di sterilkan," kata Kamalani. "Pikirkan semua tisu kotor, kantong muntah, dan sampah yang menumpuk di sana," imbuhnya. 2. Jika akan menggunakan meja baki, pastikan kamu membersihkannya.

"Saya telah melihat banyak orang tua menggunakan meja baki untuk mengganti popok anak mereka, lalu mereka menaruhnya di saku kursi belakang," ungkapya. 3. Seka ventilasi udara di atas kepala sebelum kamu menyentuhnya. Hal ini dikarenakan ribuan tangan telah menyentuh permukaan tersebut.

4. Barang yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kartu panduan keselamatan. "Kami jarang membersihkannya karena banyak orang menggunakannya dan membaca itu setiap saat," pungkasnya. "Jadi bersihkan saja sebelum digunakan," tuturnya.

5. Menggunakan tisu untuk mengunci pintu toilet. Area pintu toilet terutama pegangan pintu sering kali dipegang banyak tangan. Tidak menutup kemungkinan tempat tersebut menjadi perantara perpindahan bakteri dan kuman.

Selain tips aman di pesawat ini, Kamalani juga membagikan tips aman selama menginap di hotel. Jadi sebelum menginap di hotel perhatikan dulu tipsnya berikut ini: 6. Jangan pernah mengatakan nomor kamarmu secara lantang ketika kamu check in hotel atau berada di tempat umum.

Tujuannya yakni agar orang lain tidak mengetahui di mana kamar tinggalmu. 7. Pastikan tidak ada orang yang mengikutimu ketika akan masuk kamar. "Periksa juga apakah ada orang di dalam kamar yang sembunyi di balik tirai, di bawah tempat tidur, dan lain lain," tutur Kamalani.

8. Pastikan menggunakan gerendel untuk mengunci pintu. "Selalu pastikan kamu menggunakan kunci atas atau gerendel untuk menutup pintu," Kamalani menekankan. 9. Tempat tidur hotel bisa jadi sarang kutu busuk.

Kita tidak pernah tahu apakah tempat tidur hotel benar benar bersih sebelum kita gunakan. Jadi periksa dulu adakah kutu busuk atau serangga lain di kasur terutama bagian sudut karena itu tempat favorit mereka. 10. Singkirkan semua bantal dekoratif dan selimutnya.

Kamu bisa membawa selimut cadangan jika ingin lebih nyaman tidurnya. 11. Terakhir, jangan letakkan tasmu di atas tempat tidur. "Ketika dari bandara, tasmu akan menyentuh bagasi kabin lalu jika ditaruh di atas tempat tidur itu menjijikkan," pungkasnya.

Nah, buat kamu yang ingin liburan naik pesawat lalu menginap di hotel bisa mengikuti tips dari Kamalani agar tetap aman. Lebih lanjut lagi, Kamalani juga membagikan tips untuk kamu yang ingin liburan di tengah pandemi: 12. Cobalah berkreasi makanan.

"Jika kamu tidak punya microwave, bawalah paket oatmeal instan saat bepergian dan gunakan air mendidih dari mesin kopi untuk membuat sarapan," kata Kalamani. 13. Semua orang pasti sudah tahu bukan kalau remote control TV kamar hotel memang sering dipegang banyak tangan. Jadi sebelum menggunakannya, bersihkan dulu remote control TV itu dan masukkan ke dalam kantung plastik bening.