Protein Penting Dikonsumsi Saat Sahur & Berbuka buat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Protein merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh bekal berpuasa selain karbohidrat dan vitamin dari sayur serta buah. Dokter Spesialis Gizi Klinis dr. Beatrice Anggono SpGK dari Rumah Sakit Royal Progres menyebutkan terlebih untuk puasa di tengah pandemi protein punya kemampuan memperbaiki imunitas. "Protein itu bagus kareba bisa memperbaiki sel rusak dan memperbaiki imunitas," ucap dr. Beatrice saat live di instagram Green Pramuka Square, Senin (11/5/2020).

Ada dua sumber protein seperti yang banyak diketahui yakni sumber protein hewani dan nabati. Kalau hewani bisa didapatkan dari daging sapi, ayam maupun ikan. Ikan yang banyak proteinnya adalah ikan salmon dan tuna namun memang untuk harga cukup mahal, tapi ikan kkas Indonesia yaitu ikan kembung juga punya banyak protein dan harganya lebih pas dengan kantong. "Pilih daging ayamnya juga yang tidak berlemak, daging juga pilih tidak berlemak, lemak yang bagus lemak dari ikan ada omega 3 bisa dari ikan salmon tuna, ikan, dan ikan kembung," ungkap dr. Beatrice.

Buah buahan juga ada yang mengandung protein yaitu buah alpukat yang juga punya vitamin dan mineral maupun karbohidrat. "Buah buahan ada buah alpukat tapi jangan pakai susu kental manis," pungkas dr. Beatrice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *