Tak Bisa Menolak Opor, Rendang dan Makanan Lebaran Lainnya, Awas Kolesterol! Hempaskan dengan Ini

Kamu khawatir kolesterol naik usai makan sederet aneka makanna lezat saat lebaran? Coba cara ini agar tubuh tetap sehat. Opor ayam, rendang, ketupat sayur, dan masih banyak lagi hidangan khas dari daerah masing masing begitu menggoda selera. Tapi awas, kolesterol naik.

Ya, hdangan ini dibuat dengan campuran santan kelapa dan minyak juga daging yang berpotensi meningkatkan kolesterol. Bagi penderita kolesterol tinggi terutama harus sangat memperhatikan hidangan lebaran yang disantap. Tentu kamu tidak ingin keceriaan lebaran terganggu karena rasa pegal akibat kolesterol atau sesuatu yang lebih parah kan?

Tak perlu khawatir karena makanna lezat ini. Hempaskan kolesterol dengan bawang putih mentah yang dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari. Hanya butuh jumlah sedikit saja, bawang putih mentah yang dikonsumsi saat perut kosong bisa sangat berguna untuk menurunkan kolesterol lho!

Mengutip dari Verywell Health, salah satu cara mudah yang bisa Moms lakukan agar terhindar dari kolesterol adalah mengonsumsi bawang putih. Bawang putih adalah bumbu dapur yang dikenal memiliki aroma kuat. Tak cuma sebagai penyedap, bawang putih yang mengandung senyawa allicin dikenal baik untuk membunuh bakteri di mulut.

Bahan dapur kecil ini juga ampuh digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Penelitian membuktikan kalau konsumsi bawang putih bisa menurunkan level kolesterol. Caranya adalah dengan mengonsumsi 10 15 gram bawang putih setiap hari.

Cara tersebut akan menurunkan kolesterol jahat tanpa memengaruhi level kolesterol baik. Disampaikan oleh seorang ahli farmasi Jennifer Moll, PharmD, semakin sering mengonsumsi bawang putih maka semakin banyak pula level kolesterol jahat yang turun. "Penelitian memperlihatkan kalau yang paling efektif adalah mengonsumsi 5 gram 10 gram bawang putih setiap hari," jelas Jennifer.

Satu buah bawang putih sendiri beratnya biasanya 10 15 gram yang artinya hanya perlu setengah satu satu biji bawang putih setiap harinya. Namun diimbau sebelumnya untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi bawang putih dalam jangka panjang. Pasalnya, ada beberapa kondisi di mana bawang putih justru tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

"Ditambah, konsumsi bawang putih terlalu banyak (di atas 0,25 kg/ berat badan) bisa menyebabkan gangguan pada hati," tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *