Tantowi Yahya Ungkap Kunci Keberhasilan Selandia Baru dalam Tangani Pandemi Covid-19

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Batu, Tantowi Yahya membeberkan kunci keberhasilan pemerintah Selaindia Baru dalam menangani pandemi virus corona (Covid 19). Selandia Baru merupakan satu diantara beberapa negara yang terbilang berhasil dalam menangani pandemi covid 19. Data , hingga Senin (11/5/2020), Selandia Baru mencatatkan kasus covid 19 sebanyak 1.497 kasus positif dengan 21 kasus kematian dan 1.386 diantaranya telah sembuh.

Dengan pemberlakuan lockdown sejak 26 maret lalu, kasus covid 19 di Selandia Baru saat ini menyisakan 90 kasus aktif. Manurut Tantowi Yahya, keberhasilan Selandia Baru dalam mengatasi covid 19 tidak terlepas dari beberapa faktor yang berlangsung di negara itu. Ia menyebut, Selandia Baru merupakan termasuk negara yang terakhir yang terkena kasus covid 19, sehingga memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan diri dalam penanganan pandemi ini.

“Tanggal 28 Februari virus pertama teridentifikasi di Selandia Baru. Mereka sigap karena mereka tahu betul apa yang harus dilakukan,” kata Tantowi saat telekonferensi dengan Gugus Tugas Nasional pada Senin (11/5/2020) di kanal YouTube BNPB. Persiapan tersebut terlihat pada kebijakan yang jelas dan selalu berdasar sains dan rekomendasi dari ahli dan akedemisi. “Jadi, dalam membuat peraturan peraturan, apakah itu bentuknya undang undang dan peraturan peraturan di bawahnya, basisnya selalu sama sains atau rekomendasi atau pendapat para ahli dan akademisi,” ucap Tantowi.

Selain itu, parlemen juga mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini. Hal itu ditunjukkan seperti dalam pengesahan undang undang yang digunakan sebagai payung hukum ketika lockdown diberlakukan. Menurutnya, proses penyusunan undang undang di sana sangat cepat dan tidak rumit.

“Undang Undang tersebut dapat selesai dalam waktu hari, bahkan minggu,” ucapnya. Contoh undang undang tersebut adalah yang dipakai olehkepolisian dalam mengambil tindakan ketika lockdown. “Polisi dituntut untuk mengambil tindakan yang cepat bahkan keras. Jika tidak ada undang undang, banyak pelanggaran yang terjadi,” kata Tantowi.

Selain itu, media juga mempunyai peranan yang besar dalam membantu pemerintah mengatasi pandemi ini. Media di Selandia Baru lebih banyak memberikan hal hal yang positif dari kasus covid 19 seperti keberhasiln dari pemerintah. Disisi lain, kebiasaan masyarakat dalam mengakses informasi juga memudahkan pemerintah untuk fokus mengatasi kasus ini.

Jarang ditemui informasi yang bias seperti dari media sosial, sebab masyarakat disana hanya percaya pada informasi dari media yang telah terverifikasi sumber kebenarannya. Ia mengungkapkan, Selandia merupakan negara yang biasa dengan situasi bencana seperti gempa, sehingga masyarakatnya telah terbiasa dalam situasi seperti itu. "Masyarakat yang sudah terbiasa dengan hal hal yang menjadi krisis ini menjadi mudah untuk dinavigasi oleh pemerintahnya."

"Sehingga keberhasilan dari pemerintah dalam menanggulangi ini, kontributor terbesarnya adalah partisipasi dari masyarakatnya dalam bentuk disiplin yang sangat kuat," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *