5 Makanan Diet Golongan Darah O Menurut SehatQ

Tidak semua orang bisa melakukan diet dengan baik sehingga SehatQ memberikan alternatif informasi mengenai diet sesuai dengan golongan darah. Adalah dr. Peter D’Adamo yang pertama kali mengemukakan ide diet jenis ini. Dia adalah seorang ahli naturopati.

Sebenarnya, diet dengan metode golongan darah akan berbeda untuk setiap golongan darahnya. Untuk golongan darah O, diet berfokus pada kebutuhan asupan nutrisi tubuh sehingga apa saja makanan yang Anda konsumsi harus diperhatikan.

Makanan yang Cocok untuk Diet Golongan Darah O

Pemilik golongan darah O ketika melakukan diet harus fokus pada asupan nutrisi. Ketika golongan darah O melakukan diet, perlu memperhatikan beberapa jenis makanan yang baik dimakan dan harus dihindari. Berikut ini adalah 5 jenis makanan yang cocok bagi golongan darah O yang sedang diet:

Daging dan Ikan
Jenis daging merah maupun daging ikan merupakan makanan yang sangat baik untuk golongan darah O. Namun, tidak semua jenis daging cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang bergolongan darah O. Daging babi, ikan lele, gurita, dan salmon asap adalah makanan yang kurang baik untuk diet golongan darah O.

Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging domba, ikan kod, ikan haring, ikan tengiri, atau ikan kembung. Paling baik apabila mengonsumsi daging sapi dan domba muda.

Buah-buahan
Sudah jelas buah merupakan makanan yang sangat aman bagi pelaku diet. SehatQ mencatat beberapa buah bisa dijadikan asupan makanan yang bagus untuk mencegah kenaikan asam lambung, seperti ceri, buah plum, jeruk bali, apel, raspberry, pir, pisang, dan anggur. Anda bisa mencampur buah-buahan tersebut dan membuat salad jika bosan atau sulit makan buah langsung.

Anda yang sedang berdiet golongan darah O sebaiknya mengonsumsi buah-buahan di atas setidaknya salah satunya setiap hari. Namun, buah adalah pendamping saja, pastikan tetap mengonsumsi protein juga karbohidrat setiap hari. Selain itu, hindari buah melon, blewah, kiwi, stroberi, dan jeruk asam.

Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang sangat baik untuk membantu golongan darah O melakukan diet. Kacang merah, kacang hitam, dan kacang kedelai adalah jenis kacang yang baik dikonsumsi ketika Anda pemilik golongan darah O sedang diet.

Selai kacang, kacang tanah, dan kacang mete merupakan jenis kacang yang harus dihindari golongan darah O sebab dapat menyebabkan masalah di kelenjar tiroid pada leher.

Sayuran
Sayuran berwarna hijau seperti selada, bayam, kangkung, dan brokoli akan sangat membantu pemilik golongan darah O berdiet. Sayuran lainnya seperti labu, paprika, lobak, juga rumput laut juga bagus dikonsumsi.

Agar tidak menggagalkan diet Anda, sebaiknya hindari sayuran kol, terong, jagung, dan jamur, karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan dan pembekuan darah.

Minuman
Untuk jenis minuman, golongan darah O kurang baik mengonsumsi berbagai jenis minuman seperti jus, apalagi dengan banyak susu. Air putih dan teh menjadi minuman andalan golongan darah O kala berdiet.

Minuman dengan alkohol dan kafein tinggi sebaiknya juga dihindari. Selain itu, kurangi asupan minuman manis dan gula berlebih.

Memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi memang bagus. Imbangi juga dengan melakukan jogging, bersepeda, atau senam aerobik. Jangan lupa, perhatikan juga jam makan. Lakukan dengan seimbang agar diet sukses.

Ingin mendapatkan berbagai artikel kesehatan bermanfaat dan terupdate lainnya? Anda bisa mengunjungi laman situs SehatQ yang memberikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan, obat-obatan, tindakan medis, dan berbagai hal lainnya. Juga bisa bertanya langsung pada dokter-dokter ahli tentang hal-hal menyangkut dunia kesehatan.

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/3-cara-diet-golongan-darah-o
https://www.alodokter.com/seperti-ini-tata-cara-diet-golongan-darah-o
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4801671/5-jenis-makanan-diet-golongan-darah-0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *