5 Tips Mencegah Bayi Terkena Gigitan Nyamuk dari SehatQ

5 Tips Mencegah Bayi Terkena Gigitan Nyamuk dari SehatQ

Intensitas perkembangbiakan nyamuk pada musim penghujan bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan musim panas. Anda yang tidak ingin lingkungan sekitar menjadi tempat kembang biak nyamuk, sebaiknya selalu menjaga kebersihan seperti rajin membersihkan lingkungan sekitar rumah. Jangan lupa untuk menggunakan lotion anti nyamuk untuk buah hati tercinta agar terhindar dari gigitan nyamuk penyebab demam  berdarah, malaria atau kaki gajah.

Mencegah gigitan nyamuk selama di rumah

Demi mencegah gigitan nyamuk pada buah hati tercinta, sebaiknya terapkan beberapa cara menjaga kesehatan bayi berikut :

1.     Menggunakan produk berkualitas

Gunakan produk pengusir nyamuk yang terbukti berkualitas seperti raket listrik yang lebih aman. Asal Anda meletakkan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak, maka risiko si kecil terkena sengatan listrik sangat minim. Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan obat bakar atau semprotan nyamuk yang mengandung bahan kimia demi mencegah risiko kesehatan napas pada bayi.

2.     Memasang kelambu

Pilih cara aman mencegah anak terkena gigitan nyamuk dengan memasang kelambu di tempat tidur.

3.     Rajin membersihkan lingkungan rumah

Jangan malas membersihkan lingkungan sekitar agar tidak menjadi tempat kembang biak nyamuk di rumah Anda. Cara efektif membunuh nyamuk adalah rajin membersihkan genangan air di halaman rumah, menutup tempat penampungan air, membersihkan selokan hingga tidak ada risiko got tersumbat, membuang sampah pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan sekitar. Pencahayaan yang baik di ruangan rumah bisa membuat nyamuk enggan bersarang di tempat gelap.

4.     Menggunakan aromaterapi

Penggunaan aromaterapi di sekitar rumah merupakan solusi terbaik dalam mengusir keberadaan nyamuk. Anda bisa menggunakan aromaterapi alami yang tidak disukai nyamuk seperti jeruk dan sereh, bunga lavender, daun salam, dan lain-lain. Memasang lilin aromaterapi atau produk aromaterapi di pasaran juga bisa Anda pertimbangkan dengan alasan kepraktisan, kok.

5.     Menggunakan lotion anti nyamuk yang terpercaya

Lotion anti nyamuk merupakan salah satu produk yang harus Anda miliki di rumah kapan saja. Masukkan lotion ke dalam tas traveling bila Anda bepergian dengan si kecil  ke mana saja, apalagi traveling di alam bebas. Penggunaan lotion lebih aman dan langsung menyerap ke kulit tanpa risiko terhirup pernapasan si kecil. Anda hanya perlu memastikan komposisi bahan pada lotion benar-benar aman dan tidak memicu masalah alergi kulit, ya!

Pilih produk lotion yang mendapatkan review terbaik dari pelanggan lain sebelum Anda memilih produk lotion pengusir nyamuk untuk bayi. Testimoni bagus bisa menunjukkan rekam jejak produk yang terpercaya dan terdaftar BPOM RI, ya! Jika si kecil telah terkena gigitan nyamuk pada bagian kulit yang belum terolesi losion, sebaiknya Anda membersihkannya dengan sabun dan air hangat. Luka bekas gigitan nyamuk bisa saja merah, bentol dan menyebabkan risiko alergi kulit lainnya.

Dari beberapa cara mencegah gigitan nyamuk pada kulit bayi, sebaiknya Anda mencoba menerapkannya dengan baik. Mencegah gigitan nyamuk lebih baik daripada mengobati anak-anak yang terkena risiko demam berdarah yang menjadi endemik di Indonesia setiap tahun. Angka kematian anak-anak yang terkena demam berdarah di Indonesia masih cukup tinggi, termasuk orang dewasa pun.

Rajin mengoleskan lotion anti nyamuk pada bayi dan anak-anak merupakan cara terbaik memerangi kasus demam berdarah, malaria atau kaki gajah yang bisa mengancam jiwa penderita. Jika Anda ingin mencari rekomendasi produk lotion nyamuk terpercaya, bisa mengunjungi laman SehatQ untuk mendapatkan informasi lengkap seputar tips trik kesehatan. Bila memiliki keluhan masalah kesehatan, segera lakukan konsultasi online dengan dokter profesional di SehatQ yang mudah dan praktis sekarang juga.

 

Sumber

https://www.alodokter.com/mencegah-gigitan-nyamuk

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *