Ini Bahaya Konsumsi Kunyit & Jahe yang wajib Anda Ketahui Meski Jadi Ramuan Menyehatkan

Ini Bahaya Konsumsi Kunyit & Jahe yang wajib Anda Ketahui Meski Jadi Ramuan Menyehatkan

Tapi pertimbangkan juga efek samping yang dihasilkan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah rempah khas Indonesia ini, yaitu kunyit dan jahe. Ya, kedua rempah murah meriah ini memang sering kali digunakan sebagai bahan campuran dalam masakan.

Tak hanya itu, kunyit dan jahe juga merupakan dua tanaman yang sering dipakai sebagai ramuan dalam pengobatan herbal. Bukan tanpa alasan kedua tanaman ini dipercaya selama berabad abad untuk menyembuhkan, sebab baik kunyit dan jahe memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Akan tetapi, di balik manfaatnya yang luar biasa, kunyit dan jahe juga ternyata memiliki efek samping untuk tubuh.

Wah, kira kira apa efek sampingnya ya? Manfaat kunyit dan jahe memang sungguh menakjubkan, tak heran jika akhirnya banyak orang yang memanfaatkan dua rempah ini. Jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale mengandung gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat.

Sementara itu, kunyit atauCurcumin longamengandung senyawa curcumin yang juga membantu merawat dan mencegah beberapa kondisi kronis. Kunyit dan jahe telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai penyakit, dan mengurangi gejala alergi musiman.

Selain itu, kunyit dan jahe juga ternyata ampuh untuk mengurangi mual lo. Jahe sangat bagus untuk ibuhamil, karena efektif mengurangi mual di masa kehamilan bahkan mual dan muntah pasca operasi. Sedangkan, kunyit dapat mengatasi masalah pencernaan yang disebabkan oleh kemoterapi.

Tak berhenti sampai di situ, manfaat kunyit dan jahe juga bisa mengurangi peradangan, yang mana biasanya dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Wah, banyak sekali ya manfaat kunyit dan jahe? Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti Anda lantas diperbolehkan untuk mengonsumsi dua rempah ini secara berlebihan, ya.

Pasalnya, mengonsumsi kunyit dan jahe secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang tak main main lo untuk tubuh. Melansir dariHealthline, konsumsi jahe berlebihan dapat mengurangi pembekuan darah dan menganggu proses pengenceran darah. Selain itu, jahe juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Sama halnya dnegan jahe, konsumsi kunyit berlebihan juga menimbulkan efek samping seperti ruam, sakit kepala, dan diare. Nah, itu dia efek samping yang dihasilkan meski manfaat kunyit dan jahe sangatlah banyak. Konsumsi secukupnya saja ya. Artikel ini sudah tayang di laman Nakita dengan judul

Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *