Sebuah jet tempur Su 30 milik militer Rusia, Selasa (22/9), jatuh di Wilayah Tver saat melakukan penerbangan pelatihan yang direncanakan. Pilot selamat setelah berhasil keluar dengan kursi pelontar. "Pada 22 September, sebuah jet Su 30 dari Komando Distrik Militer Barat jatuh selama penerbangan pelatihan yang direncanakan di Wilayah Tver," kata Komando Distrik Militer Barat Rusia dalam pernyataan seperti dikutipTASS. "Pilot keluar dengan aman. Setelah mendarat, pilot melakukan kontak dan telah dievakuasi ke pangkalan," sebut Komando Distrik Militer Barat Rusia yang menambahkan, jet tempur tersebut jatuh di kawasan hutan.

Su 30 adalah jet tempur multiperan generasi 4 untuk segala cuaca, yang membawa rudal udara ke udara dan udara ke permukaan. Rusia tengah menggelar latihan militer strategis bertajuk Kaukasus 2020 mulai Senin (21/9/2020). Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, total lebih dari 80.000 personil terlibat dalam latihan tersebut. Kaukasus 2020, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, akan berlangsung di beberapa tempat pelatihan di Komando Distrik Militer Selatan hingga 26 September. Termasuk, di Laut Hitam dan Laut Kaspia.

"Awak jet tempur Su 27 dan Su 30SM dari Distrik Militer Selatan sedang dalam tugas pertahanan udara tempur di lapangan udara operasi di Republik Krimea, Wilayah Krasnodar, Stavropol, dan Rostov dalam latihan pos komando strategis Kaukasus 2020," kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansirTASS. Bersama Rusia, unit militer dari Armenia, Belarusia, China, Myanmar, dan Pakistan akan terlibat dalam latihan tersebut. Tidak lebih dari 1.000 tentara asing akan ambil bagian dalam Kaukasus 2020. Sementara perwakilan Azerbaijan, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Tajikistan dan Sri Lanka akan bertindak sebagai pengamat. Kaukasus 2020 berlangsung di bawah arahan Kepala Staf Umum Angkatan Darat Rusia Jenderal Valery Gerasimov.