Majuli adalah pulau sungai terbesar di dunia saat ini, Majuli terletak di Sungai Brahmaputra, India. Pulau sungai di India ini telah mengunguli Marajo di Brazil sebagai pulau sungai terbesar di dunia.

Majuli nemiliki tanaman hijau subur beragam flora dan fauna yang menjadikannya destinasi untuk para turis. Namun, majuli akan terus berkurang karena erosi dan banjir dan menjadi kurang dari setengah ukuran aslinya. Melansir , para ahli memperkirakan pulau ini akan tenggelam di tahun 2030.

Sebelum pulau sungai ini hilang, banyak wisatawan yang ingin mengunjunginya. Majuli bisa jadi satu destinasi favorit setelah pandemi Covid 19 berakhir. Simak panduan perjalanan ke Majuli berikut ini:

Traveler dapat mencapai Pulau Majuli dengan kapal feri. Dua feri berangkat dari Jorhat, Assam, ke Majuli pada pukul 10 pagi dan 3 sore. Pengunjung tiba di GuwahatiBandara Internasional membutuhkan waktu sekitar tujuh jam untuk mencapai Jorhat, dari sana mereka akan naik feri untuk mencapai Pulau Majuli.

Kota terdekat ke pulau ini adalah Jorhat, yang terhubung dengan baik dengan bus, kereta api, dan bahkan memiliki bandara. Traveler dapat memesan akomodasi di Majuli. Majuli mempunyai homestay, resor dan beberapa hotel yang dikelola masyarakat setempat.

Fasilitas penginapan di majuli mungkin cuma sederhana tapi memiliki nuansa alam yang khas Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Majuli adalah antara bulan Oktober dan Desember. Pulau ini telah dikenal sebagai 'ibukota budaya Assam' sejak abad ke 16 karena pemandangan budaya yang hidup di sini.

Selama pertengahan November, festival Raas Leeladirayakan yang berlangsung selama tiga hari. Anda dapat menjadwalkan kunjungan Anda sesuai dan menjadi bagian dari kemeriahan. Pulau Majuli adalah situs paling kuno dari biara neo Vaishnavite Assam, atau Satra pertama. Di sini, penduduk setempat akan menyambut wisatawan dengan tangan terbuka.

Traveler juga dapat menghabiskan satu hari bersama mereka dan menikmati kegiatan desa setempat.